Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Otak hingga Tulang

Kompas.com - 07/04/2022, 18:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kurma telah menjadi makanan yang sering dikonsumsi di Indonesia. Keberadaan buah ini pun tidak sulit ditemukan, bahkan manfaat kurma juga telah diyakini kebaikannya untuk kesehatan.

Terdapat banyak varietas kurma, dengan ukuran dan warnanya yang beragam.

Selain rasanya yang manis, terdapat nutrisi penting terkandung dalam kurma yang memiliki berbagai manfaat dan kegunaan.

Apa saja manfaat kesehatan kurma?

1. Kurma kaya nutrisi dan gizi

Dikutip dari Healthline, Rabu (6/4/2022), kurma memiliki nutrisi yang sangat baik. Kurma yang dikeringkan mempunyai kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan kebanyak buah segar.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat, dengan sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat kecil.

Terlepas dari itu, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti kalium, tembaga, magnesium, mangan, besi, dan vitamin B6.

Baca juga: 5 Manfaat Kurma Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh saat Puasa

2. Manfaat kurma cegah sembelit karena tinggi serat

Mendapatkan cukup serat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Memasukkan kurma dalam diet, menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat, sebab serat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit.

Sebuah penelitian pada 21 orang yang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama tiga pekan, mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan mengalami peningkatan buang air besar yang signifikan dibandingkan dengan orang yang tidak makan kurma.

Adapun serat dalam kurma mungkin bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah meningkat terlalu tinggi setelah makan.

Dikarenakan hal itu, kurma mempunyai indeks glikemik (GI) rendah, yang mengukur seberapa cepat gula darah naik setelah mengonsumsi makanan tertentu.

3. Kurma mengandung antioksidan

Seperti disebutkan sebelumnya kurma menyediakan berbagai antioksidan. Manfaat kesehatan kurma dengan kandungan antioksidan yang kaya dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit.

Baca juga: Manisnya Manfaat Kurma, Buah Ideal Untuk Berbuka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com