Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan Ini Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Ini Daftar Wilayahnya

Kompas.com - 19/03/2022, 12:32 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem pada akhir pekan ini. Masyarakat diimbau waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan bahwa potensi cuaca ekstrem yang bisa terjadi pada Sabtu dan Minggu, 19-20 Maret 2022 ini merupakan dampak dari berbagai pengaruh kondisi atmosfer yang ada.

Guswanto dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa BMKG mendeteksi adanya pertumbuhan bibit siklon tropis 93S.

Bibit siklon tropis 93S ini diprediksi akan bergerak ke arah barat laut menuju Samudera Hindia selatan Jawa Timur-Nusa Tenggara Barat, menjauhi wilayah Indonesia.

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat hingga Gelombang Tinggi 7 Meter

“Potensi bibit siklon tropis 93S untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam berada pada kategori rendah,” kata dia menerangkan potensi hujan lebat disertai angin kencang, sebagai dampak dari pertumbuhan bibit siklon tropis yang dapat memicu cuaca ekstrem pada akhir pekan ini.

Meskipun demikian, Guswanto mengatakan, bibit siklon tropis ini dapat membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Konvergensi ini bisa memanjang dari Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Timur hingga Bali, dan dari Laut Flores hingga Nusa Tenggara Timur.

Menurut Guswanto, kondisi-kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Samudera Hindia selatan Jawa Timur hingga Nusa Tenggara Timur.

Oleh karenanya, pada akhir pekan ini, masyarakat di wilayah tersebut diimbau waspada hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir.

Baca juga: Waspada Hujan Lebat dan Banjir di Sebagian Besar Wilayah Papua

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com