Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Identifikasi Senjata Ninja Berusia 430 Tahun, Cikal Bakal Shuriken

Kompas.com - 18/02/2022, 10:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peneliti mengidentifikasi artefak yang ditemukan di beberapa situs di Jepang sebagai senjata ninja dan diketahui berusia 430 tahun.

Beberapa terlihat seperti cikal bakal shuriken atau senjata berbentuk bintang yang terkenal.

Mengutip Live Science, Kamis (17/2/2022) arkeologi menggali artefak tersebut antara tahun 1960 dan 2010 di beberapa situs Jepang, termasuk dua kastil yakni Kastil Iwatsuki dan Kastil Hachioji.

Kemungkinan artefak ninja berasal dari peristiwa Pengepungan Odawara yang terjadi pada tahun 1590.

Selama pengepungan ini, klan Toyotomi dan Tokugawa mengalahkan klan Hojo, yang telah menguasai sebagian besar Jepang. Klan juga berhasil merebut kedua kastil.

Pengepungan terjadi selama periode Sengoku (1467-1615), saat Jepang terbagi antara beberapa panglima perang yang berjuang untuk kekuasaan.

Teks-teks sejarah menyebut ninja yang berperan sebagai mata-mata kemungkinan mengambil bagian dalam pengepungan.

Lebih lanjut, beberapa artefak yang ditemukan termasuk diantaranya adalah batu lempar pipih yang mungkin merupakan bentuk pendahulu dari senjata shuriken.

Baca juga: Temuan Senjata dari Tulang Manusia Bikin Pusing Peneliti, Kenapa?

Selain itu, peneliti juga menemukan Galtrop tanah liat yang mungkin merupakan bentuk awal galtrop makibishi, senjata runcing yang dapat melukai kaki tentara dan kuda.

"Kedua senjata kemungkinan merupakan merupakan senjata dari kelompok ninja dari klan Hojo," kata Iwata Akihiro, arkeolog dan kurator di Museum Sejarah dan Cerita Rakyat Prefektur Saitama.

Senjata-senjata ini, kata Ahihiro kepada Live Science, kemungkinan dibuat dengan tergesa-gesa sebelum pengepungan. Meski begitu, kedua senjata efektif digunakan untuk melakukan penyerangan.

Batu lempar pipih digunakan untuk menghentikan pergerakan musuh yang menyerang kapan saja. Sementara galtrop tanah liat bisa menghentikan pergerakan musuh yang menyerbu benteng.

Sayangnya, meski dipersenjatai namun ninja dari klan Hojo tak dapat menyelamatkan kastil.

Pada tahun 1615, klan Tokugawa berhasil menyatukan seluruh Jepang di bawah kekuasaan mereka,membentuk shogun yang akan memegang kekuasaan selama berabad-abad.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Kunai, Senjata Naruto untuk Tusuk Wiranto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com