Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Bola Api Banaspati, Ini 5 Jenis Hantu Berwujud Bola Api dalam Kepercayaan Masyarakat Jawa

Kompas.com - 04/01/2022, 17:33 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video viral penampakan bola api yang diyakini warganet sebagai banaspati, belakangan ramai di media sosial. Bola api bercahaya merah di langit gelap, ketika malam atau menjelang dini hari selalu dikaitkan dengan pertanda datangnya hantu atau makhluk halus, bagi masyarakat Jawa.

Mengenai penampakan bola api tersebut mungkin ada saja yang pernah melihatnya secara langsung, atau sebagian hanya melihatnya dari unggah video viral yang bersebaran di media sosial.

Seperti salah satu video lama tahun 2018, yang kembali viral dua hari lalu. Di mana di dalam video itu menunjukkan bahwa ada penampakan bola api bercahaya merah di langit dan membuat warga setempat menjadi heboh.

Dikutip dari Tribun Jateng, Sabtu (25/8/2018) video bola api Banaspati itu awalnya diunggah di akun Facebook Wahyu Cruw. Diketahui penampakan bola api bercahaya merah misterius itu tertangkap kamera di Desa Mulayasari, Kecamatan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah.

Kali ini, video itu diunggah ulang di akun Instagram @fakta.indo pada Minggu (2/1/2022). 

"Warga heboh dengan penampakan bola cahaya merah di langit," tulis akun tersebut.

Baca juga: Viral Video Bola Api Merah di Langit Disebut Banaspati, Benarkah Roh Jahat dan Ilmu Hitam?

Lantas, video bola api Banaspati yang sudah mendapatkan 25.820 like hingga pukul 17.52 WIB, Senin (3/1/2021) telah dikomentari hingga 1.692 komentar netizen dengan reaksi yang beragam.

"Itu namanya banaspati kata orang"...," tulis akun @devi_sharmaben.

Kepercayaan bahwa penampakan bola cahaya merah tersebut adalah banaspati juga disampaikan oleh akun @satriaarnov. "Banaspati itu," kata dia.

Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan makhluk halus yang berwujud bola api ini masih sangat kental di masyarakat, terutama oleh masyarakat Jawa. 

Akan tetapi pada kenyataannya, meskipun yang banyak disebutkan adalah bola api itu merupakan Banaspati, ternyata ada banyak sekali istilah hantu atau makhluk halus yang dipercaya masyarakat Jawa memiliki bentuk seperti bola api itu.

Berikut perbedaan hantu berwujud bola api dalam kepercayaan masyarakat Jawa menurut budayawan.

1. Banaspati

Terkait video viral fenomena bola api yang diyakini netizen sebagai Banaspati, Peneliti Sastra dan Budayawan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Dr Sunu Wasono mengatakan, dalam kepercayaan masyarakat Jawa, ada makhluk halus yang bernama Banaspati.

Baca juga: Bola Api Misterius Melintas di Langit Florida, Ini Penjelasannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com