Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang Cile Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 untuk Hewan

Kompas.com - 18/12/2021, 10:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Kebun Binatang Buin di pinggiran ibu kota Cile, Santiago telah memulai uji coba vaksin Covid-19 pada hewan-hewan yang paling rentan terpapar virus corona.

Tidak hanya manusia saja yang bisa tertular Covid-19, bahkan hewan pun sama berisikonya terkena virus ini. 

Dilansir dari Reuters, Kamis (16/12/2021) seorang dokter hewan di kebun binatang tersebut, sudah menyuntikkan vaksin Covid-19 eksperimen untuk hewan yang disumbangkan oleh Zoetis Inc kepada 10 hewan yang ada di sana, termasuk harimau dan singa.

Sama seperti kebun binatang lainnya, Kebun Binatang Buin terus berupaya untuk menjaga hewan agar tetap aman dan terlindungi dari infeksi Covid-19.

"(Vaksinasi pada hewan) ini memberikan formula vaksin eksperimental yang disumbangkan oleh perusahaan Zoetis Inc untuk 10 hewan yang paling rentan (di kebun binatang)," ujar direktur Kebun Binatang Buin, Ignacio Idalsoaga.

Baca juga: Pertama Kalinya, 2 Kuda Nil Positif Covid-19 di Kebun Binatang Belgia

 

Dia mengungkapkan, pada Senin (13/12/2021) lalu hewan seperti singa, harimau, puma atau singa gunung, hingga orangutan di Kebun Binatang Cile telah menerima vaksin Covid-19.

"Kami menggunakan vaksin eksperimental yang akan memberikan hasil jangka pendek, agar nantinya akan memungkinkan kami untuk mengembangkan vaksin yang belum ada di pasaran saat ini," lanjutnya.

Idalsoaga menjelaskan, bahwa program vaksinasi terhadap hewan ini adalah dosis pertama yang diproduksi di seluruh dunia.

Jika nantinya dinilai efektif untuk menangkal virus corona pada hewan, bukan tidak mungkin produksi massal akan dilakukan guna mencegah kematian pada hewan di kebun binatang. Sebab, Covid-19 pada hewan rentan menginfeksi hewan di kebun binatang.

Di samping itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, risiko hewan menyebarkan virus corona ke manusia cenderung rendah, tetapi virus dapat menyebar dari manusia ke hewan selama terjadinya kontak erat.

Oleh karenanya, vaksin Covid-19 untuk hewan dinilai perlu untuk melindungi hewan dan mencegah meluasnya penularan virus di kebun bintang ini.

Baca juga: Batuk dan Bersin, 4 Singa di Kebun Binatang Barcelona Positif Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com