Kompas.com - 06/12/2021, 18:04 WIB
Ilustrasi kuda nil di kebun bintang. Dua kuda nil dilaporkan positif Covid-19 di kebun binatang Belgia. Ini adalah kasus Covid-19 pada hewan yang pertama kalinya terjadi pada spesies kuda nil. SHUTTERSTOCK/Pina SuthaphanIlustrasi kuda nil di kebun bintang. Dua kuda nil dilaporkan positif Covid-19 di kebun binatang Belgia. Ini adalah kasus Covid-19 pada hewan yang pertama kalinya terjadi pada spesies kuda nil.


KOMPAS.com - Dua kuda nil di kebun binatang Antwerpen di Belgia dilaporkan positif Covid-19. Infeksi virus corona pada spesies ini adalah yang pertama kalinya terjadi.

Dilansir dari The Independent, Senin (6/12/2021), kedua kuda nil, yakni Hermien berusia 41 tahun dan Imani berusia 14 tahun.

Menurut pihak kebun binatang, kedua kuda nil ini tidak menunjukkan gejala Covid-19, selain pilek.

"Gedung kuda nil segera ditutup setelah (kuda nil) dites positif (Covid-19) dan akan tetap tutup sementara sampai tes Hermien dan Imani negatif," kata pihak kebun bintang dalam sebuah pernyataan.

Covid-19 pada hewan besar

Sejauh ini, infeksi Covid-19 telah dilaporkan pada beberapa hewan, termasuk pada kucing besar, seperti singa dan harimau, serta mamalia lain termasuk rusa.

Baca juga: Ilmuwan Desak Pemusnahan Kuda Nil Kokain di Kolombia, Apa Alasannya?

 

Sebelum dua kuda nil positif Covid-19, bahkan, kasus Covid-19 pada kucing besar telah banyak dilaporkan kebun binatang di seluruh dunia, beberapa dilaporkan mati setelah tertular virus SARS-CoV-2.

Pada bulan lalu, tiga macan tutul salju dilaporkan mati di kebun binatang di Nebraska, setelah terinfeksi Covid-19.

Sedangkan pada Juni lalu, dua singa Asia yang sempat dinyatakan positif Covid-19 juga mati di kebun binatang India.

Selain menginfeksi hewan-hewan besar, seperti yang baru saja dilaporkan pada kuda nil di Belgia, Covid-19 juga dilaporkan menginfeksi sejumlah hewan peliharaan, seperti kucing, anjing dan musang.

Baca juga: Kebiasaan Mandi Sekelompok Kuda Nil Cemari Danau Kolombia, Kok Bisa?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.