Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2021, 08:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia adalah salah satu negara dengan gunung berapi terbanyak di dunia. Tahukah kamu perbedaan magma, lava, dan lahar?

Perbedaan magma, lava, dan lahar

Perbedaan ketiganya yang paling mendasar adalah lokasinya. Magma adalah batuan yang meleleh dan masih tersimpan di kantong magma di dalam kerak Bumi.

Lava adalah magma yang telah mencapai permukaan Bumi dan mengalir keluar dari gunung berapi. Sedangkan lahar adalah lava yang mengalir di permukaan Bumi dan telah tercampur dengan air, lumur, dan batuan.

Magma terbentuk akibat tumbukan dua lempeng tektonik dan menghasilkan suhu tinggi magma terdiri dari materi silika kompleks dan berasal dari batuan beku. Magma bisa menghasilkan tekanan tinggi sehingga mencuat keluar membentuk pipa atau bukaan menuju kawah gunung berapi.

Lava pada saat erupsi bisa mencapai suhu 800 sampai 1.200 derajat Celcius. Lava muncul ke permukaan karena adanya peningkatan aktivitas vulkanik.

Baca juga: Tak Aktif 900 Tahun, Gunung di Islandia Kembali Muntahkan Magma

Apakah lava selalu berbentuk cair?

Selama ini kita melihat berbagai video dokumentasi letusan gunung berapi yang menunjukkan lava berbentuk cair dan mengalir keluar dari gunung berapi. Padahal, lava tidak selalu berbentuk cair.

Terdapat sebagian lava yang lebih kental bahkan ada yang tidak mengalir sama sekali. Lava yang tidak mengalir seperti ini justru lebih berbahaya karena lava ini akan berkumpul di mulut gunung berapi. Lava jenis ini akan meningkatkan tekanan di sekitar mulut gunung berapi dan memicu erupsi eksplosif yang besar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com