Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2021, 19:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Pengindraan jauh adalah aktivitas untuk mengambil informasi dari citra berbagai objek di permukaan Bumi menggunakan alat pengindra buatan. Pengindraan jauh dikembangkan untuk memperoleh informasi tentang permukaan Bumi.

Pengindraan jarak jauh sangat penting untuk mendapatkan citra yang bermanfaat dalam bidang geologi untuk kepentingan manusia.

Manfaat citra dalam bidang geologi

Manfaat citra dalam bidang geologi adalah untuk mengkaji tiga hal, yaitu studi geografi fisik, pengembangan wilayah pedesaan, dan studi geografi manusia.

1. Studi geografi fisik

Studi geografi fisik adalah studi yang mempelajari berbagai karakteristik lapangan. Banyak sekali bidang yang memanfaatkan citra ini sebagai studi geografi fisik. Beberapa diantaranya adalah teknik sipil, perencanaan kota, dan pembangunan perumahan.

Citra mampu memberikan gambaran kehidupan vegetasi dan satwa, topografi, jenis batuan, bentuk lahan, tekstur tanah, dan kerentanan terhadap banjir atau bencana lainnya.

2. Pengembangan wilayah pedesaan

Manfaat citra dalam bidang geologi yang kedua adalah untuk pembuatan peta desa. Citra mampu memberikan gambaran batas wilayah desa, sarana dan prasarana, dan penggunaan lahan. Gambaran wilayah pedesaan ini harus dilakukan dengan citra resolusi tinggi.

3. Studi geografi manusia

Manfaat citra yang selanjutnya adalah mempelajari kehidupan kota dengan foto udara. Citra mampu menggambarkan penggunaan lahan dan gerak manusia. Hal tersebut didasari tiga hal, yaitu pola fungsi, pola tipe struktur, dan kepadatan penutup atap.

Baca juga: Perubahan Muka Air Laut dan Penyebabnya dalam Perspektif Geologi

Komponen citra yang ideal

Komponen citra pengindraan jauh yang ideal harus meliputi hal berikut ini:

  • Sumber tenaga. Hal ini diperlukan agar panjang gelombang tetap, kualitas citra tinggi, dan tidak bergantung waktu dan tempat.
  • Atmosfer yang tidak mengganggu
  • Interaksi tenaga dan benda di permukaan Bumi
  • Sensor sempurna, contohnya yang digunakan dalam kamera dan alat penyiam atau scanner.
  • Penggunaan data

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com