Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Telinga Berdengung dan Terasa Sakit Saat Naik Pesawat?

Kompas.com - 13/09/2021, 19:02 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesawat merupakan salah satu transportasi jarak jauh yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk bepergian. Ketika naik pesawat, hampir semua orang pernah merasakan kondisi tidak nyaman seperti telinga berdengung hingga terasa sakit. Apa penyebabnya?

Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (13/9/2021), telinga berdengung saat naik pesawat bisa disebut dengan airplane ear, barotrauma telinga, barotitis media, atau aerotitis media.

Kondisi ini terjadi ketika tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di lingkungan sekitar tidak sama dan membuat gendang telinga tidak bekerja secara normal.

Lebih jelasnya, penyebab telinga berdengung adalah karena tedapat sebuah saluran sempit yang dinamakan saluran eustachius dan berfungsi untuk mengatur tekanan udara.

Baca juga: Kenapa Pesawat Bisa Terbang, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Saluran eustachius menghubungkan ruang di belakang gendang telinga dengan tenggorokan dan bagian belakang rongga hidung.

Saluran ini biasanya berada dalam keadaan tertutup dan akan terbuka jika tekanan udara di sekitar tidak sesuai dengan tekanan di telinga tengah.

Contohnya adalah ketika pesawat sedang lepas landas atau mendarat, tekanan udara dengan sangat cepat berubah, tetapi saluran eustachius kerap kali tidak dapat bereaksi cukup cepat dan menyebabkan telinga berdengung.

Selain berdengung, gejala lain yang bisa muncul adalah rasa sakit di telinga, telinga terasa penuh atau tersumbat, pendengaran yang teredam, hingga gangguan pendengara ringan hingga sedang.

Gangguan ini juga bisa terjadi saat menyelam, terjadi ledakan di sekitar, terapi di ruang oksigen hiperbarik, naik elevator hingga mengemudi di pegunungan.

Pada umumnya, telinga berdengung karena penyebab di atas berlangsung selama beberapa hari dan bisa memerlukan penanganan dokter apabila rasa tidak nyaman yang dirasakan semakin parah.

Menghilangkan tekanan udara di telinga saat naik pesawat

Namun, terdapat langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah gangguan telinga berdengung terjadi.

1. Menguap atau menelan sesuatu saat lepas landas

Cara yang paling umum adalah dengan menguap atau menelan saat pesawat lepas landas dan mendarat. 

Hal ini dapat mengaktifkan otot-otot yang membuka saluran eustachius. Mengisap permen atau mengunyah permen karet juga mampu membantu mulut menelan secara otomatis.

2. Manuver valsava

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com