Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Obat Herbal Lebih Aman dari Obat Kimia? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 30/08/2021, 08:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Anda bisa memilih untuk mengonsumsi obat herbal atau obat kimia ketika terserang suatu penyakit. Banyak yang percaya bahwa obat herbal lebih aman untuk dikonsumsi. Benarkah obat herbal lebih aman dari obat kimia?

Obat herbal

Obat herbal disebut juga dengan obat tradisional. Obat ini menggunakan berbagai jenis tanaman yang dipercaya untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Bahkan, obat herbal telah menjadi obat sejak perkembangan teknologi farmasi belum secanggih sekarang.

Namun ternyata, beberapa jenis tanaman memiliki kandungan yang sangat kuat sehingga harus digunakan dengan hati-hati.

Dilansir dari NCBI, obat herbal telah digunakan secara luas dan dipercaya lebih aman untuk dikonsumsi. Namun, obat tradisional berpotensi bersifat toksik.

Terdapat beberapa kasus keracunan akibat menggunakan obat tradisional. Beberapa penyebabnya antara lain salah mengidentifikasi tanaman, persiapan bahan yang tidak tepat, dan penggunaan yang tidak tepat.

Oleh karena itu, NCBI merekomendasikan untuk menghindari obat herbal saat sedang hamil.

Baca juga: Ilmuwan Mulai Teliti Obat Herbal Ini untuk Pengobatan Covid-19

Obat herbal tidak lebih aman dari obat kimia

Obat tradisional mengandung bahan aktif yang berpotensi menjadi obat berbagai penyakit. Perlu diketahui bahwa tumbuhan obat ini mengandung banyak sekali komponen berbeda.

Beberapa diantaranya mungkin saling menghambat bahan aktif atau memberikan efek samping lain pada tubuh. Ini merupakan efek samping yang tidak diharapkan dari penggunaan obat herbal.

Inilah yang menjadi alasan mengapa para ahli hanya mengekstrak zat tertentu dari tumbuhan. Tujuannya adalah memaksimalkan zat aktif yang berfungsi sebagai obat tadi.

Selain itu, mengekstrak satu zat saja bisa mencegah efek samping akibat komponen lain yang juga terkandung dalam obat herbal tersebut.

Namun, sebagai hasil menghilangkan risiko keracunan dan efek samping obat, obat kimia tetap berpotensi memiliki efek samping.

Bedanya, efek samping yang mungkin muncul dari obat kimia lebih terukur. Itulah sebabnya obat kimia memiliki rekomendasi dosis.

Dosis adalah saran penggunaan yang dipercaya efektif untuk menyembuhkan penyakit dengan efek samping yang lebih minim.

Sedangkan obat herbal, tidak ada dosis pasti sehingga risiko efek sampingnya lebih besar dengan efektivitas yang belum terbukti.

Mengonsumsi obat herbal yang aman

Saat ini penelitian berbagai tumbuhan sebagai obat herbal terus dilakukan. Jika ingin menggunakan obat herbal sebagai alternatif pengobatan atau penunjang, gunakanlah hanya tumbuhan yang telah teruji secara ilmiah. Misalnya, cengkeh dan daun jambu biji untuk meredakan sakit gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com