Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Penggemar Film Zombi Lebih Kuat Mental Hadapi Pandemi Covid-19

Kompas.com - 14/01/2021, 08:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Film zombie memang termasuk dalam kategori fiksi. Tapi, bagi pencinta film zombie, tentu Anda pernah membayangkan zombie muncul dalam kehidupan Anda, lalu sama seperti di film, Anda akan berusaha bertahan hidup dan memenangkan pertarungan.

Rupanya menonton film zombie bukan hanya menghibur, penelitian baru dari Penn State University menunjukkan, bahwa menonton film zombie, serta horor dan Sci-Fi, kemungkinan telah membantu beberapa orang untuk lebih siap menghadapi kenyataan pahit pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 dan masih berlangsung hingga sekarang.

Studi tersebut menemukan, orang-orang yang menikmati film horor menunjukkan memiliki tingkat stress lebih rendah selama lockdown untuk menekan penyebaran Covid-19, sementara mereka yang menonton film bertema survival lebih siap menghadapi pandemi.

Baca juga: Kanibal sampai Zombie, Berikut 8 Galaksi Aneh di Alam Semesta

Melansir IFL Science, penemuan ini telah dipublikasikan di jurnal Personality and Individual Differences dan dapat membantu kita memahami, bagaimana hiburan yang kita nikmati diterjemahkan ke dalam aplikasi dunia nyata.

"Setelah memfaktorkan pengaruh kepribadian, yang sebenarnya cukup kuat, kami menemukan bahwa semakin banyak film tentang zombie, invasi alien, dan pandemi apokaliptik yang pernah ditonton sebelum Covid-19, maka semakin baik mereka menghadapi pandemi yang sebenarnya,” kata Profesor John Johnson, Penn State University, dalam sebuah pernyataan.

“Dari temuan ini, tampaknya film bisa berfungsi sebagai latihan mental untuk menghadapi peristiwa nyata,” lanjutnya.

Dengan melibatkan 310 peserta, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah individu yang senang menonton film horor dan pandemi di masa lalu dan sekarang, bernasib lebih baik selama masa-masa sulit pandemi Covid-19.

Setiap peserta mengisi kuesioner tentang preferensi film mereka, khususnya seberapa besar mereka menikmati film zombie, horor, dan invasi alien.

Mengikuti pertanyaan-pertanyaan ini, mereka kemudian menyelesaikan kuesioner lain yang dirancang untuk mengukur perasaan mereka selama pandemi yang sedang berlangsung.

Setiap peserta harus menjawab seberapa kuat mereka setuju / tidak setuju dengan pernyataan seperti "Saya lebih mudah tersinggung dari biasanya" dan "Saya merasa positif tentang masa depan".

Baca juga: Jangan Percaya Lagi, Wabah Zombie Tak Akan Muncul di Dunia Nyata

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com