Ada 5 Rentetan Gempa Kuat Guncang Indonesia Hari Ini, Apakah Wajar?

Kompas.com - 13/01/2021, 17:24 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

KOMPAS.com - Hingga Rabu (13/1/2021) siang pukul 14.00 WIB, sejak pagi dini hari tadi sejumlah wilayah Indonesia sudah diguncang 5 gempa dengan kekuatan signifikan. 

Ada pun lima gempa tersebut adalah:

  1. Gempa Bangli, Bali, dengan kekuatan M 3,1 terjadi pukul 00.57.33 WIB. Gempa ini dipicu sesar aktif dengan episenternya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah baratlaut Bangli dengan kedalaman 10 km dirasakan di Bangli dan sekitarnya dalam skala intensitas II-III MMI.
  2. Gempa Waropen, Papua, M 6,0 terjadi pukul 01.17.39 WIB. Gempa ini dipicu sesar aktif dengan episenter di darat pada jarak 89 km arah utara Kota Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada kedalaman 47 km, dirasakan di Nabire pada skala intensitas II-III MMI.
  3. Gempa Pasawaran, Lampung, magnitudo 3,4 terjadi pukul 2.54.45 WIB. Gempa ini diduga dipicu Sesar Menanga dengan episenter berlokasi di darat pada jarak 15 km baratdaya Bandar Lampung dengan kedalaman 1 kilometer. Gempa ini dirasakan di wilayah Kecamatan Natar dalam skala intensitas II MMI.
  4. Gempa Pasawaran, Lampung. Gempa yang kedua ini memiliki magnitudo 3,4 terjadi pukul 12.26.20 WIB. Gempa ini diduga juga dipicu Sesar Menanga. Gempa ini dirasakan di wilayah Pasawaran dalam skala intensitas II MMI kedalaman 2 km.
  5. Gempa Seluma, Bengkulu magnitudo 4,6 terjadi pukul pukul 13.18.22 WIB. Gempa ini dipicu aktivitas subduksi lempeng dengan episenter berlokasi di laut pada jarak 65 km baratdaya Seluma, Bengkulu pada kedalaman 35 kilometer. Gempa ini dirasakan di Seluma dengan skala intensitas III MMI dan Kota Bengkulu dengan Skala Intensitas II MMI.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,7 Guncang Waropen Terasa hingga Nabire

Berkaitan dengan gempa hari ini, Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir dengan peningkatan aktivitas gempa di berbagai wilayah di Indonesia sejak awal Januari 2021.

"Jangan cemas, tetapi tetap harus waspada," kata Daryono dalam keterangan resminya.

Dia melanjutkan, beberapa gempa signifikan yang terjadi akhir-akhir ini jaraknya berjauhan dengan sumber gempa dengan kedalaman yang berbeda.

"Sehingga antar gempa tersebut tidak ada kaitannya," kata Daryono.

"Kecuali rentetan gempa yang terjadi di Pasawaran yang diduga aktivitas swarm. Sejak 6 Januari 2021 hingga hari ini BMKG sudah mencatat sebanyak 23 kali gempa."

Apakah rentetan gempa wajar?

Menurut analisisnya, fenomena rentetan gempa di berbagai wilayah di Indonesia saat ini sebenarnya masih tergolong wajar karena sumber gempa kita memang sangat banyak.

"Masing-masing sumber gempa memiliki akumulasi stress sendiri-sendiri dan memiliki saat rilis energi gempa sendiri-sendiri," jelas Daryono.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X