Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinolog Sebut Ibu Hamil dan Lansia Boleh Diberikan Vaksinasi

Kompas.com - 22/12/2020, 13:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Jika Anda pernah mendengar bahwa ibu hamil dan orang lanjut usia (lansia) tidak diperbolehkan diberikan vaksinasi, maka ahli menegaskan bahwa pernyataan ini adalah keliru.

Hal ini disampaikan oleh Vaksinolog dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Dirga Sakti Rambe dalam tayangan informatif yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Vaksinasi untuk ibu hamil

"Ibu hamil boleh bahkan sangat penting menerima vaksinasi," kata Dirga dalam tayangan informatif bertajuk Ibu Hamil dan Lansia, Bolehkah di Vaksin?, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Vaksinasi Influenza Turunkan Risiko Kematian Lansia, Kok Bisa? Ini Kata Ahli

 

Dirga mengatakan, kita tahu bahwa banyak penyakit-penyakit infeksi yang bila terjadi pada masa kehamilan, dapat memengaruhi tumbuh-kembang janin dan dapat memengaruhi kondisi kehamilan secara langsung.

Apabila ibu hamil tidak diberikan imunisasi atau vaksinasi influenza yang terkena influenza, jika selama periode kehamilan itu ia menderita influenza, maka itu akan menambah risiko ibu tersebut melahirkan secara prematur.

Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar vaksinasi ibu hamil yang dapat diberikan seperti vaksin influenza, juga beberapa vaksin penting lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com