Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bioskop Dibuka Bisa Tingkatkan Imunitas, Ahli Sebut Tak Ada Hubungannya

Kompas.com - 26/08/2020, 16:48 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

-

KOMPAS.com - Adaptasi kebiasaan baru dalam menghadapi pandemi virus corona secara perlahan mulai diberlakukan, salah satunya dengan dibukanya bioskop.

Sejak kasus Covid-19 merebak dan terus meningkat di Indonesia, sejumlah fasilitas umum, fasiltas pendidikan hingga tempat hiburan ditutup.

Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona semakin meluas di kalangan masyarakat, bahkan pekerjaan dan sekolah harus dilakukan di rumah.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa bioskop berkontribusi untuk meningkatkan imunitas masyarakat yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Hal itu disampaikan Wiku dalam konferensi pers melalui YouTube BNPB, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Baca juga: FKUI Imbau DKI Tunda Buka Bioskop hingga Waktu yang Belum Ditentukan

 

Wiku mengungkapkan saat menonton film, masyarakat akan merasa bahagia. Perasaan bahagia ini diklaim berpengaruh pada peningkatan imunitas tubuh yang bisa memperkecil risiko terpapar Covid-19.

Namun, hal ini dibantah oleh ahli epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono. Kepada Kompas.com, Pandu mengatakan tidak ada hubungannya imunitas dengan nonton film di bioskop.

"Tidak ada evidence nonton bioskop akan meningkatkan imunitas, belum ada studinya," kata Pandu.

Baca juga: Kapan Usia yang Tepat Ajak Anak Menonton di Bioskop?

Pandu mengatakan tidak semua orang yang menonton film di bioskop akan merasa bahagia, sebab bahagia tidak hanya dengan nonton film di bioskop.

"Itu kata-kata yang seakan-akan jadi jubir pengusaha bioskop. Kalau mau buka bioskop, buka saja, tidak perlu pakai alasan, nonton di bioskop bisa meningkatkan imunitas," jelas Pandu.

Dengan dibukanya tempat hiburan seperti bioskop, Pandu justru menegaskan agar tingkat kewaspadaan perlu ditingkatkan, baik oleh pengusaha bioskop maupun masyarakat.

Harapannya, agar masyarakat yang datang ke bioskop tidak terinfeksi virus corona.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com