Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Vaksinasi, Plasma Darah Senjata Melawan Pandemi sejak 1880-an

Kompas.com - 26/08/2020, 07:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Badan pengawas obat dan makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) baru saja mengizinkan penggunaan plasma darah dari pasien yang sembuh dari infeksi virus corona.

Pandemi baru ini telah membuat hampir 24 juta orang di dunia terinfeksi virus corona baru, SARS-CoV-2, dan menyebabkan 818.216 orang meninggal.

Hingga saat ini, pengembangan vaksin terus dikebut untuk bisa mengendalikan pandemi global ini. Sebab, Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini, semakin menyebar.

Vaksin corona diperkirakan akan siap paling cepat di akhir tahun ini, tetapi sebagian besar baru dapat tersedia pada 2021.

Sementara itu, angka kasus infeksi semakin bertambah. Satu-satunya bentuk perawatan yang memungkinkan dilakukan yakni penggunaan plasma darah dari pasien Covid-19 yang telah pulih.

Baca juga: Plasma Konvalesen untuk Pengobatan Covid-19, Begini Syarat Jadi Donor

 

Disebut sebagai plasma konvalesen, yang ternyata bukanlah teknologi pengobatan baru di dunia kedokteran. Pasalnya, metode ini telah digunakan untuk melawan berbagai penyakit dan pandemi flu yang mewabah tahun 1918 lalu.

Dari tahun 1880-an hingga era ditemukannya antibiotik, plasma konvalesen dari plasma darah pasien yang sembuh dari penyakit juga pernah digunakan untuk mencegah dan mengobati banyak infeksi bakteri dan virus pada manusia dan hewan.

Ilustrasi peneliti mengambil plasma darah dari pasien yang sembuh dari Covid-19. Plasma konvalesen atau plasma pulih untuk dijadikan terapi antibodi bagi pasien Covid-19. Ilustrasi peneliti mengambil plasma darah dari pasien yang sembuh dari Covid-19. Plasma konvalesen atau plasma pulih untuk dijadikan terapi antibodi bagi pasien Covid-19.

Baca juga: AS Izinkan Terapi Plasma Konvalesen Obati Pasien Covid-19, Apa Itu?

Serum darah obati wabah difteri

Pendekatan rasional pertama, pada tahun 1890 dilakukan oleh ahli fisiologi Emil von Behring dan Kitasato untuk mengobati difteri, dikutip dari National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Behring menggunakan serum darah, yang awalnya itu diproduksi dari hewan yang diimunisasi tetapi segera seluruh serum darah dari donor pulih dengan kekebalan humoral tertentu diidentifikasi sebagai kemungkinan sumber antibodi spesifik yang berasal dari manusia.

Melansir History, berkat metode perawatan yang disebut sebagai antitoksin difteri, Behring diganjar Hadiah Nobel pertama di bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1901.

Antitoksin Von Behring bukan vaksin, akan tetapi menjadi contoh paling awal metode pengobatan yang kemudian dikenal sebagai plasma pemulihan atau plasma konvalesen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com