Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2020, 19:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki kulit ketiak berwarna gelap mungkin dapat membuat Anda tidak percaya diri saat ada orang lain yang melihatnya.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr Edwin Tanihaha SpKK MHKes FKCCS, mengatakan bahwa ada beragam faktor yang bisa membuat kulit ketiak seseorang cenderung lebih gelap daripada kulit tubuh bagian lainnya.

Setidaknya ada lima faktor yang umumnya dapat memicu kulit pada ketiak menjadi cenderung lebih gelap, yaitu sebagai berikut.

1. Mencukur

 

Edwin menjelaskan kebiasaan mencukur bulu ketiak dapat menjadi pemicu kulit ketiak cenderung berwarna gelap atau hitam.

"Untuk mencukur bulu ketiak memerlukan teknik yang tepat supaya meminimalisir risiko iritasi kulit," kata Edwin kepada Kompas.com, Rabu (3/6/3030).

Iritasi pada kulit ketiak, bisa berdampak pada kulit gelap atau hitam di area tersebut.

2. Penggunaan sabun antiseptik

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif, sebaiknya upayakan untuk menghindari kebiasaan pemakaian sabun antiseptik ketika membersihkan tubuh Anda saat mandi.

Penggunaan sabun antispetik pada orang dengan kulit sensitif memiliki risiko iritasi atau alergi lebih tinggi.

Baca juga: Alasan Cuci Tangan Pakai Sabun Bisa Cegah Corona, Tak Perlu Antiseptik

Alhasil, efek penyembuhan luka akibat iritasi dan alergi tersebut dapat memicu peningkatan melanin di kulit ketiak Anda.

3. Jamur kulit

Jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur sangat beragam atau bervariasi. 

Edwin berkata hal ini bisa disebabkan karena penularan, higienitas/ kebersihan tubuh, imun tubuh yang menurun, atau dapat dipicu oleh penyakit tertentu seperti diabetes.

"Bentuk penyakit jamur dapat menimbulkan bercak gelap di kulit, terutama di area lipatan tubuh, salah satunya adalah ketiak," jelas dia.

4. Hormonal

Faktor penyebab yang berkaitan dengan hormonal cenderung lebih sering dialami oleh wanita hamil. Bercak gelap di kulit wanita hamil dapat dipengaruhi oleh peningkatan Melanosit Stimulating Hormone (MSH), esterogen, progesteron, serta berhubungan dengan defisiensi folic acid.

Warna gelap pada wanita hamil adalah efek dari pengaruh hormonal. Menurut Edwin, warna gelap ini bisa kembali pulih setelah melahirkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com