Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Natal dan Tahun Baru, Penanganan Longsor Tol Bocimi Beres

Kompas.com - 25/05/2024, 15:14 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan penanganan permanen pasca longsor di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Ciawi-Sukabumi KM 64+600 yang terjadi pada 3 April 2024 dapat diselesaikan.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Apri Artoto mengungkapkan hal ini pada Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Jalan Tol Bocimi, Rabu (22/5/2024).

"Karena, libur Nataru tahun sebelumnya trafik jalan tol ini cukup tinggi. Jika tidak difungsikan ruas tol Ciawi-Sukabumi ini, maka akan mengalami kemacetan cukup parah di jalan nasional” jelas Apri.

Terhadap kejadian longsor KM 64+600 di Tol Bocimi, telah dilakukan penanganan sementara antara lain pemasangan steel sheet pile di lokasi longsor.

Baca juga: Tol Bocimi Kelar Diperbaiki Permanen Sebelum Libur Akhir Tahun Ini

Saat ini, terdapat dua alternatif terhadap penanganan permanen pada jalan tol yang terkena longsor yaitu pemasangan soldier pile sepanjang 60 meter dengan waktu pemasangan 4 bulan dan pembuatan jembatan 2x25 meter dengan waktu pelaksanaan lima bulan.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga menjadi ketua rombongan Kunker Spesifik tersebut Roberth Rouw menegaskan pihak pemerintah agar segera melakukan penanganan terbaik Jalan Tol Bocimi ruas Ciawi-Sukabumi KM 64+600.

“Ini menjadi satu perhatian Komisi V untuk melihat dan mendorong pemerintah untuk melakukan tindakan agar tahun ini bisa berfungsi kembali. Kita tahu betul tol ini sangat diharapkan oleh masyarakat, karena memang banyak kemacetan di jalan nasional menuju Sukabumi. Jadi jalan tol ini sangat bermanfaat," tandas Roberth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com