Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Usulkan Dua Tol Didanai Bank Investasi Infrastruktur Asia

Kompas.com - 24/05/2024, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengusulkan dua proyek jalan tol mendapatkan bantuan pendanaan Bank Investasi Infrastruktur Asia.

Dua proyek jalan tol yang dimaksud adalah Tol Jambi-Rengat dan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

Hal ini disampaikan Basuki ketika melakukan pertemuan bilateral dengan Penasihat Senior Presiden Bank Investasi Infrastruktur Asia atau Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Joachim von Amsberg dan President & CEO Aliance To End Palstic Waste (AIPW) Jacob Duer di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Bali, Kamis (23/5/2024).

Basuki dan Joachim von Amsberg membahas peluang kerja sama antara Kementerian PUPR dengan AIBB terkait dukungan skema Public Private Partnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam pembangunan infrastruktur konektivitas, sumber daya air, hingga permukiman.

Basuki menyampaikan, pembangunan infrastruktur di Indonesia menjadi prioritas pemerintah dan menjadi salah satu sektor utama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kemampuan pendanaan pemerintah yang terbatas dalam pembangunan infrastruktur mendorong Kementerian PUPR melakukan terobosan dalam pembiayaan infrastruktur melalui investasi dari berbagai pihak.

Baca juga: Tol Jasa Marga di Luar Pulau Jawa Dipadati Kendaraan

"Kementerian PUPR meyakini bahwa pembangunan infrastruktur masih banyak menyediakan peluang investasi yang dapat dikerjasamakan dengan AIIB," kata Menteri Basuki.

Selain dua jalan tol tersebut, Basuki mengusulkan proyek pelintasan sebidang agar mendapatkan dukungan pendanaan.

Di bidang sumber daya air, terdapat kelanjutan pembangunan infrastruktur irigasi untuk menjamin suplai air dari bendungan, sehingga dapat menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian.

Sementara di bidang cipta karya telah disepakati komitmen kerjasama proyek hibah Program Solid Waste Management Sustainable Urban Development (SWM-SUD) yang dibiayai oleh Aliansi untuk End Plastic Waste (AEPW) dan dikelola oleh AIIB untuk pengembangan studi kelayakan, infrastruktur limbah padat pembangunan, peningkatan kapasitas kelembagaan, dan pelibatan masyarakat yang dilaksanakan pada Desember 2023-Desember 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com