Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar RUPST, Waskita Fokus Sehatkan Kinerja Keuangan

Kompas.com - 23/05/2024, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 di Gedung Waskita Heritage, Cawang, Jakarta Timur.

Perseroan mengungkapkan komitmen untuk fokus pada restrukturisasi keuangan dalam lima tahun ke depan di mana implementasi Master Restructuring Agreement (MRA) dan restrukturisasi obligasi menjadi kunci keberhasilan penyehatan kinerja perusahaan.

Baca juga: September, Waskita Beton Tuntaskan Pengiriman 1 Km Pracetak LRT Jakarta

Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho mengatakan restrukturisasi keuangan
merupakan langkah penting bagi Waskita untuk memperkuat posisi keuangan perusahaan dan
memastikan kelangsungan operasional yang berkelanjutan.

Saat ini, Waskita secara prinsip telah mengantongi persetujuan dari 21 perbankan dan persetujuan atas tiga seri obligasi non-penjaminan. Karena itu, Waskita menargetkan restrukturisasi dapat efektif Semester I tahun 2024.

“Kami terus berkomitmen untuk melaksanakan strategi ini dengan fokus yang kuat pada peningkatan kinerja keuangan dan operasional,” ungkap Muhammad dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (22/5/2024).

Menurutnya, Perseroan berkomitmen secara berkelanjutan melakukan langkah-langkah perbaikan melalui Transformasi Bisnis Perusahaan.

Dalam upaya mencapai tujuan strategis ini, Perseroan telah memetakan pilar Transformasi, antara lain memprioritaskan peningkatan kinerja pendapatan dan margin perusahaan (Business Turnaround), peningkatan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM), memperkuat kerangka Governance, Risk, and Compliance (GRC) serta Risk Maturity Index dan implementasi manajemen dashboard (Digitalisasi).


Kemudian pada Pilar Dalam hal digitalisasi, Waskita telah melakukan penguatan Tata Kelola IT dan inovasi terkait dengan Digital Construction seta melakukan penguatan monitoring internal dengan menggunakan aplikasi digital.

Selain itu, Waskita akan kembali kepada bisnis inti perseroan, yakni menjadi kontraktor murni dalam pengerjaan proyek-proyek strategis pada segmentasi jalan dan jembatan, gedung, serta infrastruktur air.

Strategi ini mengedepankan pengerjaan proyek–proyek dengan skema pembayaran yang tepat yang bertujuan untuk memastikan penyelesaian proyek tepat waktu.

Baca juga: Hingga 2028, Waskita Beton Bidik Rp 300 Miliar Jual Aset Non-Produktif

Hingga Desember 2023, Waskita telah mengerjakan pembangunan 99 proyek yang terdiri dari 30 Proyek Strategis Nasional (PSN) termasuk 12 Proyek IKN dan 69 Non-PSN.

Waskita pun optimistis tahun 2024 dapat menyelesaikan 19 Proyek PSN termasuk 10 Proyek IKN dan 48 Proyek Non-PSN.

Untuk menghindari benturan kepentingan, Waskita Karya menerapkan code of conduct terkait pelarangan pegawai dan pengurus sebagai mitra bisnis didukung dengan whistleblowing system untuk mendeteksi pelanggaran lebih awal.

Selain dari sisi manajerial bisnis, pengelolaan SDM yang baik juga diharapkan dapat membantu transformasi bisnis yang dilakukan Perseroan.

Dengan hasil keputusan RUPST ini, maka susunan Pengurus Waskita Karya menjadi:

Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen : Heru Winarko
Komisaris : Dedi Syarif Usman
Komisaris : T. Iskandar
Komisaris Independen : Muhamad Salim
Komisaris Independen : Addin Jauharudin
Komisaris Independen : Muradi

Direksi

Direktur Utama : Muhammad Hanugroho
Direktur Keuangan : Wiwi Suprihatno
Direktur Risk Management, Legal, dan QSHE : Anton Rijanto
Direktur Business Strategic, Portfolio, dan Human Capital : Rudi Purnomo
Direktur Operasi I : Ari Asmoko
Direktur Operasi II : Dhetik Ariyanto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com