Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum dan Cagar Budaya yang Dapat Anda Kunjungi Saat Libur Lebaran

Kompas.com - 09/04/2024, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur Idul Fitri tak hanya bisa dimanfaatkan untuk bersilaturahmi, tapi juga berkumpul bersama keluarga sambil berlibur.

Berbagai tempat wisata menjadi pilihan favorit untuk dikunjungi, dan Indonesia memiliki beberapa lokasi ikonik yang kerap menjadi destinasi favorit saat libur Lebaran tiba.

Melihat tren libur Lebaran yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat, Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya Indonesia (Indonesian Heritage Agency/IHA) merekomendasikan 3 destinasi wisata yang dapat dikunjungi untuk mengisi momen libur Idul Fitri tahun ini.

Baca juga: Curhat Pengelola Tol di Balik Diskon Tarif Selama Libur Lebaran

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur telah menjadi tujuan utama wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, candi ini menawarkan pengalaman wisata edukatif dan rekreasi yang cocok bagi keluarga.

Selain menjadi latar belakang untuk menikmati keindahan arsitektur kuno, pengunjung juga dapat mengeksplorasi kawasan sekitar Borobudur yang indah.

Diapit oleh Gunung Merapi dan Merbabu di timur, serta Gunung Sindoro dan Sumbing di utara, serta Bukit Menoreh di selatan, Borobudur memiliki lokasi yang memukau secara geografis.

Mengunjungi Candi Borobudur tidak hanya memberikan pengalaman yang memukau secara visual, tetapi juga mengajak pengunjung untuk terhubung dengan sejarah dan warisan budaya yang kaya.

Baca juga: Pantau Arus Mudik Lebaran, Hutama Karya Gunakan AI

2. Museum Batik Indonesia

Koleksi batik di Museum Batik Indonesia.Dok. Museum Batik Indonesia Koleksi batik di Museum Batik Indonesia.

Jika Anda berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, pastikan untuk singgah di Museum Batik Indonesia.

Sebagai destinasi wisata edukasi, museum ini memamerkan berbagai koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Museum Batik Indonesia tidak hanya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, tetapi juga menjadi wadah yang penting dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat lokal maupun internasional.

Selama libur Lebaran, Museum Batik Indonesia akan tetap beroperasi reguler pada hari Selasa sampai Minggu dan tutup pada Hari Raya Idul Fitri tanggal 10 dan 11 April 2024.

3. Museum Manusia Purba Sangiran

Gerbang depan Museum Purbakala Sangiran.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gerbang depan Museum Purbakala Sangiran.

Berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran adalah menawarkan pengalaman memikat, mengingat museum ini dianggap salah satu situs terpenting untuk penemuan fosil manusia purba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com