Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga di Kaltim Paling Banyak Punya Rumah Selain yang Ditempati

Kompas.com - 12/02/2024, 19:41 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Persentase keluarga di Kalimantan Timur (Kaltim) yang memiliki rumah selain yang sedang ditempati ternyata paling banyak di Indonesia.

Kondisi itu tertuang di dalam publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) berjudul Indikator Perumahan dan Kesehatan Lingkungan 2023.

Secara nasional, 9,82 persen rumah tangga memiliki rumah lain selain yang ditempati. Baik itu yang dimiliki Kepala Rumah Tangga (KRT), atau pasangan, maupun anaknya.

Adapun berdasarkan wilayah, provinsi dengan persentase rumah tangga memiliki rumah lain selain yang ditempati paling tinggi di Indonesia ialah Kaltim sebanyak 17,84 persen.

Kemudian diikuti Kepulauan Riau 17,73 persen, Papua Barat 16,45 persen, Kalimantan Utara 15,29 persen, dan DKI Jakarta 15,07 persen.

Baca juga: Keluarga di Lima Provinsi Banyak yang Sudah Miliki Rumah

Di sisi lain, provinsi dengan persentase rumah tangga memiliki rumah lain selain yang ditempati paling rendah di Indonesia yaitu Aceh 7,13 persen.

Persentase keluarga dengan KRT/pasangannya/anaknya memiliki rumah lain selain rumah yang ditempati cenderung lebih tinggi di daerah perkotaan (11,51 persen) dibanding daerah perdesaan (7,47 persen).

Jika diperhatikan, ada hubungan positif antara tingkat pendidikan yang ditamatkan KRT dan status ekonomi rumah tangga dengan kepemilikan rumah di tempat lain.

Artinya, persentase rumah tangga yang KRT/pasangannya/anaknya memiliki rumah lain selain rumah yang ditempati cenderung meningkat seiring meningkatnya tingkat pendidikan yang ditamatkan KRT dan status ekonominya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com