Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] 5 Proyek JTTS Dicoret dari PSN, Mal di Bodetabek Diramal Bakal Banyak yang Kosong, dan Mengenal PVROOF

Kompas.com - 09/02/2024, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat lima proyek jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang dicoret dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Suroto dalam media briefing di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Kelima proyek jalan tol tersebut sebelumnya juga tercantum dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Adapun lima proyek jaringan JTTS tersebut bisa Anda ketahui lewat artikel ini 5 Proyek Tol Trans-Sumatera Dicoret dari PSN

Mal atau pusat perbelanjaan di daerah Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Debotabek) diprediksi bakal makin kosong tahun ini meski kunjungan membaik.

Dalam laporan Kondisi Pasar Properti Jakarta pada kuartal IV-2023 yang dirilis Cushman & Wakefield, disebutkan tingkat okupansi pasar ritel di wilayah Debotabek berada pada 73,3 pada akhir tahun 2023.

“Tingkat okupansi ruang ritel di Debotabek pada kuartal IV-2023 turun 3,6 persen secara tahunan,” kata Senior Analyst Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia Victorina Arif.

Terjadinya penurunan okupansi pada akhir tahun 2023, diprediksi akan terus berlanjut pada tahun 2024. Ini terjadi akibat masuknya pasokan mal baru yang cukup banyak.

Baca informasi lengkapnya di sini Mal-mal di Bodetabek Diramal Bakal Banyak yang Kosong Tahun 2024 Ini

Untuk mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan pada infrastruktur, Kementerian PUPR mengembangkan teknologi atap sel surya yaitu PVROOF.

Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Kementerian PUPR, PVROOF menggabungkan penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada atap bangunan.

Sehingga, atap bangunan memiliki fungsi ganda, yakni sebagai pembangkit energi listrik sekaligus atap.

Dengan teknologi PVROOF, pembangunan atap cukup menggunakan konfigurasi komponen modul surya dan rangka atap, yang sekaligus berfungsi sebagai atap bangunan gedung.

Baca informasi lengkapnya di sini PVROOF, Kombinasi Panel Surya dan Atap Bangunan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com