Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Jalan Tol Indrapura-Kisaran Bakal Tersambung Penuh

Kompas.com - 08/02/2024, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 km sedang dikebut agar bisa selesai seluruhnya pada tahun 2024.

Jalan Tol Indrapura-Kisaran terbagi menjadi dua seksi, Seksi 1 Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 km dan Seksi 2 Limapuluh–Kisaran sepanjang 32,15 km.

Sebelumnya pada Rabu (07/02/2024), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Seksi 1 Indrapura-Lima Puluh.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Budi Harto menyampaikan, pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran memiliki target penyelesaian pada tahun 2024.

"Khusus Seksi 2 dari Lima Puluh-Kisaran sudah kita lakukan serah terima pekerjaan, selanjutnya kita menunggu jadwal Uji Laik Fungsi (ULF) agar dapat segera mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan bermanfaat bagi mobilisasi masyarakat," ujarnya dikutip dari laman resmi Hutama Karya pada Rabu (07/02/2024).

Baca juga: Peresmian Dua Ruas JTTS Tanpa Dihadiri Basuki

Lanjut Budi Harto, Jalan Tol Indrapura-Kisaran dengan nilai investasi Rp 6,3 triliun ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung.

Seperti 2 gerbang tol, 2 simpang susun, 11 jembatan, 17 overpass, hingga 4 rest area Tipe A dan B, yang akan menambah kenyamanan pengguna jalan tol.

Lebar jalur dari jalan tol tersebut sebesar 3,6 meter, dengan jumlah lajur 2x2 tahap awal, dan 2x3 tahap akhir.

Sementara itu, kecepatan rencana mencapai 100 km/jam. Hal ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari semula 4 jam menjadi 2 jam.

Jalan Tol Indrapura-Kisaran sepanjang merupakan koridor utama Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang menghubungian Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hingga Riau, khususnya dari daerah wilayah Medan menuju Kisaran dan sekitarnya dengan mempercepat waktu tempuh yang biasanya sekitar 4 jam menjadi 2 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com