Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Biaya Pembuatan AJB, "Shopping Arcade" Hadir di Gading Serpong, dan Biaya Urus PPJB

Kompas.com - 31/01/2024, 08:14 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya pembuatan Akta Jual Beli Tanah (AJB) perlu diketahui masyarakat yang melakukan transaksi jual beli tanah atau rumah.

Dengan mengetahui biaya pembuatan AJB, masyarakat bisa mempersiapkan dananya sebelum mengurus ke Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Perlu diketahui, PPAT merupakan pihak yang mengeluarkan akta otentik dalam rangka pendaftaran tanah. Salah satu akta otentik yang dimaksud ialah AJB.

Lantas, berapa biaya pembuatan AJB? Baca informasi lengkapnya di sini Berapa Biaya Pembuatan AJB? Ini Rumus Menghitungnya

Menyambut tahun 2024, Paramount Land menghadirkan The Hudson @Manhattan District, area komersial berkonsep shopping arcade yang diperuntukkan beragam usaha.

The Hudson terletak di dalam Manhattan District, episentrum bisnis seluas 22 hektar yang saling terintegrasi dan terkoneksi.

Presiden Direktur Paramount Land M Nawawi mengatakan, dalam usianya ke-17, perusahaan telah meluncurkan 17 produk properti residensial dan komersial.

Tidak kurang dari 90 persen produk komersial di Paramount Gading Serpong terserap dengan baik sepanjang 2021-2023.

"Setiap produk selalu kami kemas dengan konsep dan spesifikasi terbaik sehingga mendapatkan respons positif dari masyarakat," ujar Nawawi dalam rilis, Senin (29/1/2024).

Baca informasi lengkapnya di sini Area Komersial ala Shopping Arcade Jepang Hadir di Gading Serpong

Biaya pembuatan Perjanjian Pendahuluan Jual Beli atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) perlu diketahui masyarakat saat melakukan transaksi jual beli rumah.

Pasalnya, PPJB menjadi tanda kesepakatan awal antara konsumen dengan pengembang perumahan di hadapan notaris sebelum melangkah ke penandatanganan Akta Jual Beli (AJB).

Dengan mengetahui biaya pembuatan PPJB di notaris, masyarakat selaku pembeli rumah bisa mempersiapkan dananya terlebih dahulu.

Lantas, berapa biaya pembuatan PPJB di notaris? Baca informasi lengkapnya di sini Berapa Biaya Urus PPJB di Notaris? Berikut Cara Mengetahuinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com