Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sewindu, Kementerian PUPR Tuntas Bangun 29 Pasar di Indonesia

Kompas.com - 27/12/2023, 14:07 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR terus berkomitmen melanjutkan pembangunan sarana dan prasarana guna menunjang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya diwujudkan melalui pembangunan dan perbaikan pasar di berbagai wilayah di Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan atau rehabilitasi pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).

"Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor riil atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (27/12/2023).

Baca juga: Resmikan Pasar Induk Kota Batu, Jokowi: Ini Terbesar Se-Indonesia

Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti menambahkan, dari tahun 2015 hingga 2023, Kementerian PUPR tercatat telah menyelesaikan pembangunan pasar sebanyak 29 pasar.

"Akan dilanjutkan pada tahun 2024 sebanyak 31 pasar," katanya.

Pada tahun 2023, salah satu pasar yang telah selesai dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Direktorat Jenderal Cipta Karya adalah Pasar Mardika di Provinsi Maluku.

Pasar yang berada di atas lahan seluas 8.196 meter persegi ini mulai dibangun pada Desember 2021 dan selesai pada Juni 2023 dengan nilai kontrak Rp 134 miliar.

Pasar Mardika dibangun setinggi empat lantai dengan pembagian lantai 1 sebagai zona basah dan kering untuk pedagang sayur, buah dan daging, serta ikan.

Kemudian lantai 2 sebagai zona kering untuk pedagang sayur buah dan makanan siap saji. Lantai 3 sebagai kios pakaian serta elektronik, serta lantai 4 untuk pedagang elektronik.

Kepala BPPW Maluku Reza Rizka Pratama mengatakan, pembangunan Pasar Mardika merujuk pada Peraturan Menteri PUPR No. 2 Tahun 2015 tentang bangunan gedung hijau.

"Dengan sejumlah fasilitas canggih yang ada, Pasar Mardika nantinya akan menjadi pasar rakyat modern pertama yang bisa menjadi ikon baru Kota Ambon dan diharapkan bisa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Maluku," tukasnya.

Dengan selesainya konstruksi, saat ini aset Pasar Mardika telah diserahterimakan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku untuk pengelolaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com