Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Junction Tebing Tinggi Tol Kutepat Beres Diuji Laik Fungsi

Kompas.com - 09/12/2023, 07:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Hutama Marga Waskita telah melaksanakan serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) di Junction Tebing Tinggi sepanjang 7 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat).

Dikutip dari laman resmi PT Hutama Karya (Persero), kegiatan ULF berlangsung mulai dari Selasa (05/12/2023) hingga Kamis (07/12/2023).

ULF merupakan uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas jalan tol guna memenuhi standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Kegiatan ULF ini melibatkan berbagai instansi antara lain Kementerian PUPR, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Korlantas Polri, Keselamatan Keamanan Jalan Jembatan Bina Teknik (KKJJ), Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH), Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara.

Baca juga: 266 Km Ruas Jalan Tol Akan Dapat Dilalui Gratis Saat Natal-Tahun Baru

ULF juga menandai langkah signifikan menuju peningkatan konektivitas, pengurangan waktu perjalanan, dan peningkatan efisiensi transportasi secara keseluruhan khususnya di wilayah Sumatera Utara sebelum Junction Tebing Tinggi ini dioperasikan untuk masyarakat.

”Junction Tebing Tinggi menjadi akses yang sangat penting, karena menghubungkan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi”, ujar Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin.

Dalam kegiatan ULF ini, terbagi menjadi tiga sub tim, yakni Sub Tim 1 Bidang Keselamatan dan Manajemen Lalu Lintas Jalan, Sub Tim 2 Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap, dan Sub Tim 3 Bidang Operasi dan Administrasi.

Lingkup pemeriksaan pada Junction Tebing Tinggi terbagi menjadi 4 Jalur (Ramp) yaitu Ramp 1 menghubungkan arah Pematang Siantar ke Medan, Ramp 2 menghubungkan Pematang Siantar ke Indrapura, Ramp 3 menghubungkan Medan ke Pematang Siantar, dan Ramp 4 menghubungkan Indrapura ke Pematang Siantar.

"Dengan terkoneksinya dua ruas Tol melalui Junction Tebing Tinggi dapat mempermudah arus lalu lintas yang menuju ke Medan dan juga menuju wilayah Pematang Siantar," pungkas Dindin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com