Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Nusantara Digelar, Ini Sederet Perumahan yang Dibangun

Kompas.com - 15/11/2023, 16:04 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menyukseskan Peringatan Hari Nusantara pada 10 Desember 2023-13 Desember 2023 di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, sejumlah program perumahan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan.

Berdasarkan data Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, pada tahun 2022 lalu, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) disalurkan di Desa Koli Kecamatan Oba sebanyak 40 unit, Kecamatan Oba Tengah yakni Desa Akesai 19 unit dan Desa Bringin Jaya 21 unit.

Sedangkan pada tahun 2023 penyaluran BSPS menyasar rumah tidak layak huni milik masyarakat di Desa Mareku, Kecamatan Tidore Utara sebanyak 10 unit rumah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menuturkan, pihaknya ingin masyarakat di Tidore Kepulauan bisa merasakan kehadiran pembangunan infrastruktur perumahan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Baca juga: Terbanyak Setelah Makanan, Pengeluaran Warga buat Perumahan dan Fasilitasnya

"Dana yang disalurkan untuk BSPS adalah Rp 20 juta per unit rumah yang bisa digunakan masyarakat untuk membeli bahan bangunan Rp 17,5 juta dan sisanya Rp 2,5 juta untuk upah tukang," kata dia dalam siaran pers, Rabu (15/11/2023).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Hari Nusantara dilaksanakan berdasarkan Ketetapan Presiden Republik Indonesia Nomor 126 Tahun 2001 dan diperingati setiap 13 Desember.

Guna mempermudah pelaksanaan Hari Nusantara tahun ini, Kementerian Perhubungan ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023.

"Peringatan Hari Nusantara merupakan sebuah momentum untuk mengingat Deklarasi Djuanda yang memperjuangkan konsep negara kepulauan Indonesia untuk diakui secara internasional dan masih relevan dengan situasi saat ini. Hari Nusantara patut diperingati untuk semakin mempersatukan kekuatan Indonesia sebagai negara kepulauan," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com