Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] 4 Proyek Tol Trans-Sumatera Dicoret dari PSN

Kompas.com - 09/11/2023, 10:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki akhir tahun 2023, pemerintah mengejar penyelesaian pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), serta melakukan kajian terhadap PSN yang belum dikerjakan.

Hal ini sejalan dengan keterangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto setelah rapat terbatas terkait PSN di Istana Kepresidenan pada 5 Oktober 2023 lalu.

"Ada beberapa proyek (PSN) dihentikan karena belum dimulai dan belum ada dikeluarkan (dana dari) APBN," ujarnya.

Keputusan sejumlah PSN tidak akan dilanjutkan ini termasuk beberapa ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) meliputi Tol Rantau-Parapat-Kisaran, Tol Langsa-Lhokseumawe, Tol Lhokseumawe-Sigli, dan Tol Dumai-Sigambal-Rantau.

Artikel ini menjadi terpopuler dalam kanal Properti Kompas.com, Kamis (9/11/2023).

Lantas, apa langkah PT Hutama Karya (Persero) selanjutnya dalam pembangunan JTTS? Selanjutnya baca di sini Empat Proyek Tol Trans-Sumatera Akan Dicoret dari PSN

Mulai 10 November 2023 pukul 10.00 WIB, PT Hutama Karya (Persero) dan PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) akan mengoperasikan ruas Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Tjahjo Purnomo mengatakan hal ini dikutip dari siaran pers, Kamis (9/11/2023).

"Hutama Karya akan mengoperasikan Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh, sementara Hamawas mengoperasikan Jalan Tol Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Junction Indrapura," ujarnya.

Apa manfaat dari adanya kedua ruas jalan tol tersebut?

Jawabannya di sini 10 November, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Dioperasikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga memperbaiki Jalan Bolang-Suniabana sepanjang 4,4 kilometer.

Terletak di Desa Mulyasari, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasimalaya, Jawa Barat, perbaikan jalan ini dilaksanakan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD).

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) III Jawa Barat Howardy mengatakan, Jalan Bolang-Suniabana telah rusak selama 34 tahun.

Sudah sejauh mana progres pembangunannya saat ini?

Selengkapnya di sini 34 Tahun Rusak, Jalan Kabupaten di Tasikmalaya Jadi Mulus Berkat IJD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com