Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Lomba Bangun Rumah Mini di Konstruksi Indonesia 2023

Kompas.com - 02/11/2023, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Konstruksi Indonesia 2023 di JIEXpo Kemayoran pada 1-3 November 2023.

Agenda tahunan yang digelar sejak tahun 2003 tersebut menghadirkan sejumlah kegiatan menarik di bidang konstruksi.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dan pelaku industri dapat bersinergi dan menciptakan langkah konkret bagi masa depan konstruksi yang lebih berkelanjutan dan inklusif," ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Arief Rachman Dienaputra dalam sambutannya.

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com, Rabu (1/11/2023), dilaksanakan kompetisi membangun rumah mini.

Perlombaan tersebut merupakan babak final dari kompetisi konstruksi yang telah berjalan sejak Mei 2023 dan melibatkan tenaga kerja konstruksi (TKK) bersertifikasi untuk menampilkan keahlian mereka.

Terdapat 11 rumah mini yang dibangun oleh peserta lomba dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Bali.

Juga digelar national call for paper and conference, pameran dan penghargaan konstruksi, bedah buku Konstruksi Indonesia 2023, dan ACPE Forum.

Salah satu pihak swasta yang turut mengambil peran dalam Konstruksi Indonesia 2023 adalah PT Propan Raya sebagai perusahaan cat Indonesia.

Baca juga: Sektor Konstruksi Tumbuh, Berkontribusi terhadap PDB 9,43 Persen

Dalam booth-nya, Propan menghadirkan inovasi-inovasi cat, seperti Visko Primer, Visko Top, Visko Top Eksterior, Sengkote DTM, Primtop DTM, Alu DTM, Polyfloor Epoxy Solvent Free, 2 Layer Epoxy Flooring System, Thin Layer PU-Con, dan lainnya.

Propan juga menjadi sponsor atas terselenggaranya perlombaan TKK membangun rumah mini tersebut.

Selain itu, Propan turut memberikan seminar menarik dengan tema Kesiapan Propan Raya untuk mendukung Pembangunan Konstruksi dan Infrastruktur di Indonesia.

"Saya berharap kontribusi Propan dalam pameran Konstruksi Indonesia dapat semakin meyakinkan masyarakat luas khususnya pemerintah bahwa cat asli Indonesia memiliki kualitas yang mumpuni, serta mampu bersaing untuk mendukung pembangunan di Indonesia," kata Presiden Direktur PT Propan Raya Hendra Adidarma.

Sebagai informasi, Konstruksi Indonesia 2023 menargetkan bisa menarik 10.000 pengunjung lewat 100 exhibitors. Seluruh rangkaian acara bisa diikuti secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com