Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Padang-Sicincin Bakal Dilengkapi "Underpass", Begini Progresnya

Kompas.com - 17/10/2023, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki Kuartal IV Tahun 2023, PT Hutama Karya (Persero) mengebut penyelesaian sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), salah satunya Tol Padang-Sicincin.

Tol yang merupakan sirip dari Pekanbaru-Padang ini sudah mencapai progres konstruksi 39,24 persen per 12 Oktober 2023. Artinya, lebih cepat dari rencana 37,73 persen.

Sedangkan soal pengadaan lahannya terus berproses yang kini mencapai 91,62 persen.

Menariknya, pembangunan jalan tol yang melewati berbagai jenis jalur seperti jalan lintas antar kota, jalan desa, hingga jalur perlintasan kereta api ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur di antaranya jembatan under bridge atau underpass.

Baca juga: Tol Jakarta-Merak dan Serang-Rangkasbitung Dinilai, Ini Pesan Basuki

Jalan tol ini nantinya akan dilengkapi bangunan persilangan seperti underpass sebanyak 14 buah.

Adapun untuk ruas yang melewati perlintasan kereta api jalur Bandara Internasional Minangkabau-Kayu Tanami ini dibangun empat underpass.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengungkapkan, rata-rata kondisi tanah dasar di sekitar perlintasan merupakan lunak.

Sehingga, membutuhkan konstruksi khusus yaitu metode struktur kaki seribu atau pile slab di jalan pendekat jembatan.

“Jalan tol yang beririsan dengan rel kereta api, kita buatkan underpass di STA 6+200, STA 12+286, STA 30+450 dan STA 0+213 (Akses Tarok City) dengan panjang rata-rata 96,3 meter, ketinggian mencapai 6,8 meter, serta beban maksimal 1 (satu) kendaraan adalah 50 ton," tutur Tjahjo dalam keterangan resmi, Selasa (17/10/2023).

Khusus underpass di STA 6+200 pengerjaannya telah rampung. Sehingga, nanti pengguna jalan tol akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah yang sejuk dan teduh.

Untuk diketahui, pekerjaan struktur yang telah rampung yakni lima jembatan under bridge,jembatan sungai/irigasi, 12 perlintasan box traffic, 2 perlintasan box pedestrian.

Adapun total panjang mainroad (jalan utama) jalan tol ini adalah 36,6 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com