Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Pontjo Sutowo Tak Pernah Minta Izin Perpanjangan HGB Hotel Sultan

Kompas.com - 30/09/2023, 09:28 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menegaskan, permohonan perpanjangan Hak Guna Bangunan (HGB) kawasan Hotel Sultan oleh perusahaan milik Pontjo Sutowo, PT Indobuildco, seharusnya diserahkan kepada pemilik Hak Pengelolaan (HPL) 1/Gelora Tahun 1989 yaitu Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

HGB yang dimaksud adalah HGB Nomor 26/Gelora dan HGB Nomor 27/Gelora tempat Hotel Sultan berdiri.

Namun, Kuasa Hukum Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Chandra Hamzah mengungkapkan, PT Indobuildco tidak pernah meminta izin kepada kliennya untuk memperpanjang HGB kawasan Hotel Sultan.

"Sampai detik ini mereka enggak pernah mengajukan surat atau ucapan untuk mohon izin. Tidak ada, padahal sebagai pemegang HPL ya PPKGBK," jelasnya dalam konferensi pers di Kantor PPKGBK, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Terkait hal ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Suyus Windayana juga ikut menjelaskan, seharusnya perpanjangan HGB dilakukan di atas HPL.

"Kalau dari (menurut) Pak Pontjo ya tidak di atas HPL, tapi putusan pengadilan menyatakan bahwa HPL-nya itu sah dan berlaku. Jadi harusnya perpanjangan itu di atas HPL, atas izinnya Kemensetneg," tutur Suyus saat ditemui di Kantor DPR RI, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Lantas, apa langkah yang sebelumnya telah diambil oleh PT Indobuildco? Cek selengkapnya di sini Terungkap, Pontjo Sutowo Tak Pernah Minta Izin Perpanjangan HGB Hotel Sultan

Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Agustus 2023 lalu, beroperasinya LRT Jabodebek berdampak positif bagi Cibubur Junction.

Selain lokasinya dilintasi rute layanan LRT Jabodebek, pusat perbelanjaan itu juga menjadi salah satu lokasi kantong parkir bagi pengguna di Stasiun Harjamukti.

Corporate Public Relations LippoMalls, Nidia Ikhsan mengatakan, sejak pertama operasional LRT Jabodebek pada tanggal 28 Agustus 2023, Cibubur Junction menerapkan parkir mobil seharian Rp 20.000.

Hal itu sebagai bentuk dukungannya kepada pemerintah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat saat menggunakan transportasi umum, serta mengurangi tingkat polusi.

"Dalam tiga minggu awal, terdapat kenaikan jumlah kendaraan mobil yang parkir di Cibubur Junction sebanyak 22 persen dan kenaikan jumlah pengunjung sebesar 38%," jelasnya dalam keterangan tertulis diterima Kompas.com, Jumat (29/09/2023).

Baca informasi lebih lanjut terkait LRT Jabodebek di sini Cibubur Junction Tuai Berkah dari Beroperasinya LRT Jabodebek

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menegaskan, proses peningkatan status tanah dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM) berbiaya murah.

Maka dari itu, Hadi mengimbau masyarakat untuk segera mengubah sertifikatnya dari HGB menjadi SHM.

Prosesnya tidak lama dan biayanya sesuai dengan pendapatan negara bukan pajak hanya Rp 50.000, kecuali dengan tambahan meterai.

Jadi, apabila masyarakat menemukan tindak pungutan liar (pungli) dalam proses peningkatan status tanah, bisa segera melaporkan kepada Kementerian ATR/BPN.

"Silakan dibuktikan, kalau memang lebih dari itu silakan lapor kepada Menteri, nanti Kepala Kantornya akan saya tegur," imbuh Hadi.

Lantas, hal yang menjadi pertanyaan di benak masyarakat adalah bagaimana caranya mengubah HGB ke SHM? Cek di Sini Ubah Sertifikat HGB ke SHM Cukup Rp 50.000, Begini Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com