Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Laut 3,3 Kilometer Sadai-Pulau Lepar Kini Tersambung Internet

Kompas.com - 08/09/2023, 10:00 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA SELATAN, KOMPAS.com - Kabel Laut milik PLN yang menghubungkan daerah Sadai, Bangka Selatan dengan Pulau Lepar kini tak hanya mengantarkan daya listrik.

Kabel tegangan 20kV yang dioperasikan sejak 2012 itu juga memiliki sirkuit untuk jaringan internet Iconnet.

Saat ini layanan internet Iconnet untuk warga Pulau Lepar mulai dihadirkan dengan produk internet fix broadband dari PLN Icon Plus yang merupakan bagian dari PLN Group.

Keandalan sistem didukung jaringan internet melalui fiber optic pada kabel laut tersebut.

Baca juga: Kabel Laut Suplai Internet 100 Gigabyte ke Bangka Belitung

Pada momentum Hari Pelanggan Nasional 2023, PLN Icon Plus menjadikan Pulau Lepar, Pulau 100 persen Iconnet.

Sebelumnya, Pulau Lepar merupakan salah satu pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang belum sepenuhnya terhubung oleh jaringan internet fix broadband.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat di Pulau Lepar dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan melalui teknologi digital.

Dalam momentum ini juga PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Toboali menyapa, dan membagi-bagikan doorprize kepada pelanggan yang ada di Pulau Lepar.

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, layanan internet Iconnet hingga ke Pulau Lepar, Bangka Selatan, adalah untuk mendukung program pemerintah memberikan kesempatan akses internet fix broadband secara merata di seluruh Indonesia.

Baca juga: Netciti Luncurkan Produk Wifi Baru, Jangkau Internet Lebih Luas

"Kabel laut 3,3 kilometer yang menghubungkan Pulau Bangka, tepatnya dari Kabupaten Bangka Selatan ke Pulau Lepar ini tidak saja menghadirkan layanan kelistrikan tapi sekaligus juga jaringan internet ke Pulau Lepar," ujar Ari, sebagaimana sambutan tertulisnya yang dibacakan Direktur Bisnis Konektivitas PLN Icon Plus Sigit Witjaksono di Pulau Lepar, Selasa (5/9/2023).

PLN Icon Plus memberikan bantuan fasilitas internet gratis selama 1 tahun kepada 10 sekolah, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA yang ada di Pulau Lepar serta masing-masing sekolah mendapatkan bantuan dua unit Laptop untuk mendukung kegiatan pembelajaran digital.

"Juga memberikan bantuan berupa fasilitas Free Internet Desa di ruang publik yang dapat dimanfaatkan bersama-sama. Kami juga membangun Gapura Iconnet untuk menyambut masyarakat yang baru tiba di Pulau Lepar serta bantuan prasarana untuk kebersihan," tambah Ari.

Baca juga: Cara Penempatan Router Agar Jaringan Internet di Rumah Tak Lagi Lemot

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengapresiasi kehadiran Iconnet yang sudah menjangkau masyarakatnya di Pulau Lepar.

"Alhamdulillah, dengan kehadiran Iconnet yang disediakan PLN Icon Plus, warga kami di Pulau Lepar bisa berkesempatan mendapatkan akses internet yang sama dengan daerah lain. Masyarakat harus bisa memanfaatkannya untuk hal yang positif dan produktif," ujar Riza.

General Manager PLN Babel Mohammad Munief Budiman mengatakan, UMKM dan masyarakat umum bisa memanfaatkan fitur Market Place yang ada di Aplikasi PLN Mobile untuk melakukan transaksi jual beli secara digital.

"Dengan berkembangnya transformasi digital saat ini internet menjadi kebutuhan pokok masyarakat, bahkan dalam memasarkan produk UMKM kini bisa menggunakan digital agar lebih luas pasarnya," pesan Munief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com