Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Beralih ke Kursi Ergonomis

Kompas.com - 15/08/2023, 07:16 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlalu lama duduk bisa menyebabkan tubuh nyeri. Hal ini sering dialami oleh pekerja kantoran yang bisa menghabiskan 8 jam atau bahkan lebih per hari untuk duduk.

Nyeri tubuh lebih mudah terasa apabila kursi yang digunakan untuk bekerja sehari-hari tidak menunjang postur tubuh.

Idealnya, Anda harus duduk dengan kedua kaki rata di lantai, lutut dan pinggul sejajar, serta tekanan minimal di bagian belakang paha untuk mendukung postur yang optimal.

Cara tersebut bisa dilakukan ketika duduk di kursi ergonomis. Kursi ergonomis adalah salah satu furnitur yang berguna untuk menunjang produktivitas kerja.

Bukan lagi dianggap sebagai perabotan mewah, kursi ergonomis memiliki sandaran yang telah dirancang untuk menopang kelengkungan alami tulang belakang.

Perabotan penting bagi pekerja kantoran ini juga memiliki bantalan dan kedalaman yang cukup untuk membantu menopang pinggul dan mengurangi tekanan.

Bahkan, kursi ergonomis disebut mampu melancarkan peredaran darah karena Anda bisa menyesuaikan kursi ke sudut 90 derajat.

Baca juga: Meja Kerja Hadap Jendela Dinilai Buruk dalam Fengsui, Mengapa?

Ini memungkinkan sirkulasi darah yang tepat di kaki. Sirkulasi yang baik mencegah kaki Anda bengkak atau mati rasa.

Kursi yang nyaman membuat penggunanya lebih bahagia, sehat serta terhindar dari rasa nyeri pengganggu produktivitas.

Bahkan menurut studi dari Washington State Department of Labor and Industries, pekerja yang beralih ke perabotan kantor ergonomis menunjukkan peningkatan signifikan, seperti pengurangan tingkat kelelahan dan ketepatan waktu pekerjaan yang diserahkan.

Hal ini bisa saja disebabkan karena penggunaan kursi ergonomis yang membantu mengurangi sakit punggung dalam jangka panjang.

Sakit punggung dalam jangka panjang tidak hanya membuat nyeri, tetapi berpotensi menyebabkan stres psikologis.

Dalam kasus yang lebih buruk, sakit punggung juga dapat menyebabkan depresi dan kecemasan.

Selain itu, kursi ergonomis dapat sangat membantu mengurangi tekanan di tubuh dengan memberikan dukungan yang tepat dan meningkatkan kenyamanan.

Kursi ergonomis dapat disetel sepenuhnya agar sejajar dengan tinggi meja kerja, memastikan tubuh tetap dalam posisi duduk yang benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com