Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KSPN Borobudur Butuh Angkutan Lokal Mudahkan Mobilitas Wisatawan

Kompas.com - 01/08/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pulau Jawa.

Terlebih saat Pemerintah menetapkan Borobudur menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan sejumlah pengembangan infrastruktur.

Dari sisi mobilitas wisatawan di dalam kawasan, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno menilai KSPN Borobudur butuh angkutan umum lokal.

Saat ini, KSPN Borobudur dilintasi 3 trayek angkutan KSPN dan 1 trayek Bus Trans Jateng (Koridor Kutoarjo-Borobudur).

"Namun di dalam Kawasan KSPN Borobudur tidak tersedia angkutan umum lokal, terutama yang melintasi 20 Balai Ekonomi Desa (Balkondes)," ucap Djoko dalam keterangan resmi.

Angkutan umum lokal ini akan memudahkan pelancong yang ingin berlama-lama berdiam di pedesaan dan tidak hanya berlibur pada akhir pekan.

Pasalnya pada akhir pekan atau hari libur, sudah ada persewaan mobil VW bagi pelancong yang menikmati suasana pedesaan di Kawasan Borobudur.

Baca juga: Penataan KSPN Borobudur Tahap 2 Akan Dimulai, Nih Sederet Pekerjaannya

"Bagi kalangan pelancong kelas menengah atas dapat menyewa kendaraan tersebut," imbuh Djoko.

Tak hanya untuk wisatawan, angkutan umum lokal juga dapat dinikmati masyarakat sekitar KSPN Borobudur untuk bermobilitas sehari-hari.

Selain itu, KSPN Borobudur membutuhkan angkutan umum lokal berbasis listrik, mengingat sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penyumbang emisi terbesar melalui moda transportasi di dunia.

Beriringan dengan pengembangan angkutan umum lokal di KSPN Borobudur, di Jawa Tengah masih bisa dikembangkan trayek baru angkutan KSPN, seperti Semarang–Ambarawa (Museum Kereta Api)–Borobudur, Surakarta–Salatiga (Wisata Kopeng)–Borobudur, dan Surakarta–Selo–Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com