Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Luncurkan Pusat Pelayanan Investasi, Ini Sederet Fasilitasnya

Kompas.com - 29/07/2023, 18:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estat Indonesia (REI) telah meluncurkan REI Investment Center, atau pusat pelayanan investasi properti.

Acara peluncuran layanan itu bersamaan dengan pemberian apresiasi kepada Mitra Strategis REI yang berlangsung di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jakarta, Kamis (27/07/2023).

Pusat pelayanan investasi satu pintu itu akan menjadi fasilitator untuk mempertemukan dan membantu investor yang akan berinvestasi pada bisnis properti, serta mengintegrasikan semua rantai pasok pada industri properti.

"Penawaran investasi itu haruslah menarik minat investor. Kalau tidak menarik, berarti ada yang keliru dan ini yang perlu dibenahi," ujar Wakil Ketua Umum DPP REI Koordinator bidang Perizinan, MT Junaedy, dalam keterangan resmi dikutip pada Sabtu (29/07/2023).

Dia menjelaskan, sebelum berinvestasi investor pasti akan memastikan terlebih dahulu berbagai hal dari mulai kepastian hukum, studi kelayakan, perencanaan, proses perizinan, dukungan akses pembiayaan, hingga ketersediaan bahan material yang dibutuhkan.

Dengan dasar itulah, REI berinisiatif menyiapkan panduan (guidance) komplit kepada investor properti melalui REI Investment Center.

Baca juga: REI Suarakan Pembentukan Kementerian yang Fokus Tangani Perumahan

Apalagi, REI memiliki Helpdesk Perizinan yang kini telah terhubung langsung dengan 29 kementerian/lembaga negara yang berkaitan dengan perizinan properti.

Pelayanan tersebut akan semakin lengkap dengan kehadiran REI Investment Center yang nantinya akan mencakup pula pelayanan pendampingan dan bimbingan teknis (bimtek), fasilitas pembiayaan bank, sarana promosi investasi, pendidikan dan latihan, pendampingan perpajakan hingga e-catalog.

"E-catalog ini berisi media pemasaran bagi industri properti, ada data rekanan konsultan perencana, konsultan lingkungan hidup, kontraktor, tenaga ahli bersertifikat, jasa aplikator dan pemasok material. Seluruhnya akan kita bantu dan koordinir, sehingga bisa terealisasi," terangnya.

REI Investment Center diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi seluruh anggota REI dan mampu mendorong investasi properti tumbuh lebih cepat di masa mendatang.

Informasi dan layanan REI Investment Center dapat diakses secara digital melalui website resmi DPP REI yakni www.rei.or.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com