Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Bendungan Pamukkulu di Sulsel Dikebut, Akhir 2023 Tuntas

Kompas.com - 28/07/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, bisa selesai pada Desember 2023.

Target waktu tersebut setahun lebih cepat dari kontrak pembangunannya, yakni Desember 2024.

Bendungan bertipe Concrete Face Rockfill Dam (CFRD) ini memiliki daya tampung efektif 77 juta m3 dan dengan luas genangan 460 hektar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Pamukkulu dibangun untuk meningkatkan suplai air bagi lahan pertanian di Provinsi Sulsel sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

"Di Sulsel masih terdapat hamparan persawahan di atas 3.000 hektar yang sulit ditemui di daerah lain. Produktivitasnya kita tingkatkan dengan ketersediaan air dari bendungan," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (28/07/2023).

Baca juga: Sudah Mulai Terisi Air, Bendungan Cipanas Akan Diresmikan September

Kepala Balai BBWS Pompengan Jeneberang Djaya Sukarno menambahkan, Bendungan Pamukkulu diproyeksikan dapat melayani irigasi seluas 6.188 hektar dan meningkatkan Indeks Pertanian (IP) dari yang semula 183% menjadi 250%.

Kemudian manfaat air baku dengan kapasitas 160 liter/ detik, potensi pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW dan juga pengendalian banjir di Kabupaten Takalar.

"Saat ini progresnya mencapai 68%. Kontraknya sampai Desember 2024, tetapi kami sedang upayakan percepatan penyelesaian dengan pola kerja 3 shift. Sehingga, harapannya selesai pada Desember 2023," kata Djaya.

Bendungan Pamukkulu dikerjakan dengan total anggaran senilai Rp 1,6 triliun melalui 2 paket pekerjaan.

Paket 1 pekerjaan berupa sandaran kanan dan kiri, pengeboran angkur plinth, quarry area dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya (Persero)-PT Daya Mulia Turangga (KSO) dengan anggaran Rp 935,49 miliar.

Sedangkan untuk paket 2, pekerjaan berupa terowongan inlet, outlet, invert terowongan, crown terowongan, spillway, plinth, intake, dan pemasangan SR dilaksanakan oleh PT Nindya Karya anggaran sebesar Rp 891,93 miliar. Untuk konsultan supervisi dilakukan oleh Indra Karya-Virama Karya-Bina Karya.

Baca juga: Tahun Ini, Pemerintah Siap Resmikan 10 Bendungan

Setelah melakukan peninjauan pembangunan Bendungan Pamukkulu, Menteri Basuki berpesan kepada para pelaksana untuk selalu memperhatikan pelaksanaan pekerjaan dengan teliti dan hati-hati.

"Pekerjaannya sudah bagus. Mohon dipertahankan dan selalu diawasi. Kalau ada masalah, langsung laporkan supaya dapat segera ditangani. Desember 2023 harus sudah selesai," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com