Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Garap 14 PSN di Jateng, Begini Perkembangannya

Kompas.com - 18/07/2023, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022, terdapat 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah (Jateng) yang dikerjakan Kementerian PUPR.

Terdiri dari 6 bendungan, 1 jaringan irigasi, 4 jalan tol, 2 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dan infrastruktur dasar pendukung Kawasan Indutri Terpadu (KIT) Batang.

Hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual tentang Pembangunan PSN di Jateng, Senin (17/7/2023).

"Untuk bendungan yang masuk PSN di Jawa Tengah, sudah diselesaikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri yang sudah digenangi air sejak 2021 dan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora yang juga sudah digenangi air," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: LMAN Kucurkan Rp 113,689 Triliun untuk Lahan PSN, Terbesar Jalan Tol

Infrastruktur PSN di Jateng yang sudah selesai lainnya adalah SPAM Semarang Barat yang memiliki manfaat untuk meningkatkan layanan air minum sebesar 70.000 sambungan rumah (SR) dengan kapasitas 1.000 liter/detik.

Sumber air baku SPAM Semarang Barat berasal dari Bendungan Jatibarang yang disalurkan melalui jaringan perpipaan air baku sepanjang 2.500 meter dan jaringan perpipaan distribusi (utama dan pembagi) sepanjang 53.500 meter.

Basuki melanjutkan, tiga bendungan PSN lainnya di Jateng saat ini sedang dalam tahap pekerjaan konstruksi, yakni Bendungan Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo, dan Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang.

Kemudian, terdapat satu bendungan dalam tahap persiapan, yakni Bendungan Karangnongko di Kabupaten Blora, Jateng, dan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

"Untuk tiga bendungan yang sudah konstruksi Insya Allah tahun 2024 selesai semua. Karena Bendungan Karangnongko baru, Insya Allah mulai pekerjaan fisik 2023 dan diharapkan selesai 2026. Saat ini masih terus kita laksanakan dan menurut saya masih bisa dilaksanakan melalui PSN," terangnya.

Baca juga: Apa Saja Proyek Strategis Nasional di Jateng dan DIY? Ini Daftarnya

Selain bendungan on going, Kementerian PUPR juga sedang menyelesaikan enam infrastruktur PSN dalam tahap konstruksi, yakni Jaringan Irigasi untuk Daerah Irigasi Glapan dengan target selesai 2024, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo, Jalan Tol Semarang-Demak, SPAM Wasusokas, serta dukungan infrastruktur KIT Batang berupa pekerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

"Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta untuk wilayah Jawa Tengah ditargetkan selesai tahun 2024 sampai dengan Purwomartani, jadi sudah lewat Klaten," tutup Menteri PUPR itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com