Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Klarifikasi soal Proyek JIS, Buro Happold: Beberapa Tak Sesuai Panduan Desain Kami

Kompas.com - 09/07/2023, 16:14 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buro Happold, perusahaan jasa desain, rekayasa, dan konsultansi asal Inggris, memberikan klarifikasi tentang peran dan kontribusinya dalam proyek Jakarta International Stadium (JIS).

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com pada Minggu (09/07/2023), Buro Happold mengaku tidak diminta untuk mendesain stadion JIS, sehingga tidak pernah pula merancangnya.

Selain itu, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan selanjutnya.

"Pihak PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi, mulai Desember 2018 hingga Maret 2019," tulisnya.

Baca juga: Sisi Lain Polemik JIS, Jejaknya Hilang dari Situs Buro Happold

Lingkup pekerjaan Buro Happold mencakup persiapan untuk pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide), penilaian untuk soal teknis dan komersial (technical and commercial assessment), konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area), serta peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

Selama masa pembuatan panduan itu, perusahaan mengaku telah memastikan agar seluruh aspek desain yang berkaitan dengan standar FIFA terpenuhi.

Lalu setelah rangkaian pekerjaan di atas selesai, Buro Happold diminta untuk meninjau konsep desain yang dipersiapkan oleh pihak lain, alias konsultan yang ditunjuk Jakkon.

"Hasil tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold. Temuan ini telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah," beber Buro Happold

Proyek JIS Kembali Ada di Situs Buro Happold

Sebelumnya diberitakan pada Sabtu (08/09/2023), proyek JIS menghilang dari daftar portofolio proyek yang tercantum di dalam laman resmi Buro Happold.

Baca juga: Basuki Bakal Kebut Ganti Rumput JIS Selama Tiga Bulan

Kendati demikian, kini proyek JIS telah kembali tertera di dalam laman resmi perusahaan jasa desain, rekayasa, dan konsultansi itu.

"Merujuk pada perkembangan situasi, Buro Happold merasa perlu untuk memberikan penjelasan lebih detil di laman resmi perusahaan mengenai ruang lingkup pekerjaan dalam Proyek JIS guna menghindari kesalahan informasi dan persepsi," tulisnya.

"Tulisan yang telah diperbarui tersebut dimaksudkan agar publik memahami secara utuh dan tepat mengenai peran Buro Happold," tutupnya dalam keterangan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com