Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habiskan Waktu Liburan di Bali dengan Berkunjung ke Penjor Festival

Kompas.com - 05/07/2023, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali tak hanya terkenal dengan alamnya yang indah namun juga memiliki warisan budaya yang kaya dan tetap terjaga hingga kini.

Tak heran, jutaan wisatawan mengunjungi Bali setiap tahunnya untuk merasakan langsung pesona pulau Dewata ini.

Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat bertandang ke Bali adalah Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park.

Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan perpaduan apiknya kesenian, budaya, dan juga adat dari Bali. Patung GWK yang berdiri megah di bukit Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali, telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Baca juga: Nikahi Warga Lokal Jadi Strategi WNA Kuasai Lahan di Bali, Bagaimana Aturannya?

Bertepatan dengan musim libur sekolah dan satu bulan menjelang Hari Raya Galungan, GWK Cultural Park menggelar Penjor Festival yang mengambil tempat di area Lotus Pond Garuda Wisnu Kencana.

Hari Raya Galungan adalah hari raya suci bagi umat Hindu yang memaknai kebajikan menang melawan keburukan.

Sebagai bentuk terima kasih atas kemenangan Dharma tersebut, warga Hindu di Bali umumnya memasang Penjor di setiap bagian depan rumah mereka.

 

Di Lotus Pond GWK, pengunjung dapat melihat langsung puluhan penjor yang penuh kreativitas dan estetika mulai dari 1 hingga 7 Juli 2023. 

Penjor Festival ini merupakan suatu bentuk dedikasi Garuda Wisnu Kencana Cultural Park sebagai taman budaya yang mengusung nilai-nilai kearifan lokal.

Diharapkan selain mengenalkan penjor bagi pengunjung baik domestik dan mancanegara, festival kali ini pun dapat menjadi tempat masyarakat Bali untuk mencari inspirasi dalam berkreasi membuat penjor menyongsong hari raya Galungan yang segera tiba.

Baca juga: Menarik Dibaca: Ruangan Rahasia di Patung GWK hingga Bantuan ADB

Selain menikmati keindahan ragam penjor, pengunjung juga bisa melihat megahnya patung Garuda Wisnu Kencana dan pertunjukan kesenian Bali yang diselenggarakan regular setiap jam dan setiap hari.

Misalnya, pertunjukkan istimewa dari berbagai jenis tarian Bali, Parade Budaya, dan yang sedang hangat dibicarakan yaitu New Spectaculer Kecak Show berkolaborasi dengan Ogoh Ogoh.

“Diharapkan dengan adanya Penjor Festival di musim libur sekolah ini memberikan experience yang luar biasa untuk pengunjung guna mengabadikan momen liburan panjang di GWK Cultural Park”, ujar GM Marketing Communication & Event GWK Cultural Park, Andre R Prawiradisastra.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com