Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli 2023, Mitra Gojek dan Grab Bisa Kredit Rumah Lewat Tapera

Kompas.com - 21/06/2023, 15:21 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perluasaan kepesertaan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk para pekerja non-fixed income seperti ojek online akan direalisasi pada Juli 2023.

"Kita rencana launching bulan depan," papar Komisioner BP Tapera, Adi Setianto dalam Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta pada Rabu (21/6/2023).

Hal ini merupakan upaya Pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah.

Jelas Adi, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan, Herry Trisaputra Zuna menargetkan BP Tapera untuk merealisasikan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebanyak 229.000 unit pada tahun 2023.

Sementara sekitar 50.000 unit di antaranya merupakan porsi untuk masyarakat dengan penghasilan tidak tetap.

Selain itu, ada juga MBR dengan status pekerjaan tidak tetap, seperti Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan honorer.

Baca juga: Mau Dapat Keuntungan Bangun Rumah Tapera? Ini Syaratnya

"Kami masuk di situ, jadi kami siapkan tabungan rumah Tapera, nantinya bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN)," imbuh Adi.

Sebelumnya dijelaskan terdapat tiga asosiasi pekerja mandiri yang disasar. Pertama dari digital platform mencakup mitra Gojek, Grab, Shopee, dan Tokopedia.

Kedua dari agen bank mencakup Agen BRI Link, Agen 46, Mandiri Agen, dan Agen Batara. Ketiga adalah dari komunitas organisasi masyarakat (ormas) meliputi IKAPPI, KNTI, NU dan Muhammadiyah.

Lewat langkah ini diharapkan para pekerja mandiri menjadi bankable, sehingga bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ke bank.

"Jadi nabung dulu 3 bulan, terus 3 bulan dia runtut baru dikasih FLPP," tandas Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com