Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Digelar AYDA Awards, Kompetisi Arsitektur dan Desain Interior untuk Mahasiswa

Kompas.com - 20/05/2023, 21:03 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nippon Paint Indonesia kembali menggelar Asia Young Designer Awards (AYDA) untuk periode tahun 2023/2024.

Ajang kompetisi ini diperuntukkan bagi para mahasiswa Arsitektur dan Desain Interior dengan tema yang diangkat adalah Converge: Championing Purposeful Designs.

Tema ini mendorong para peserta untuk menggabungkan kreativitas desain dengan isu global yang sedang diperjuangkan.

Menandai dibukanya ajang AYDA Awards 2023/24, Nippon Paint menyelenggarakan talkshow di Ruang K1, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kepala Depot Yogyakarta Nippon Paint Indonesia, Andri Restanto dalam sambutannya mengatakan, Nippon Paint Indonesia sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas respons positif dari Universitas Gadjah Mada.

"Khususnya Program Studi Arsitektur yang dengan tangan terbuka berkenan menerima kegiatan Roadshow AYDA Awards 2023," katanya dalam keterangan resmi.

Andri memaparkan bahwa Nippon Paint membuka peluang sebesar-besarnya bagi para calon arsitek dan desain interior untuk mengembangkan diri melalui kompetisi AYDA Awards.

Para peserta ditantang untuk membuat desain yang lebih mendalam mengenai pengembangan masyarakat yang belum teratasi masalahnya.

Tujuan akhir dari karya ini adalah untuk membangun harapan bagi masyarakat yang membutuhkan solusi dan membantu perkembangan masyarakat melalui desain.

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Cat Interior pada Bagian Eksterior Rumah?

Sementara itu, Principal Architect W Office, Joe Willendra menambahkan, para juri terus berusaha untuk menggali dan mengembangkan value yang dimiliki peserta.

"Hal ini tentunya penting dilakukan, karena kelak para peserta akan mewakili Indonesia di ajang AYDA Awards International," ucapnya.

Untuk mengikuti kompetisi, para peserta dapat mengirimkan rancangan desain yang terbagi dalam dua kategori yaitu Arsitektur dan Desain Interior.

Sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi para calon Arsitek dan Desain Interior muda untuk mewujudkan desainnya, AYDA memberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta.

Kemudian mereka juga akan diberikan kesempatan magang, serta mewakili Indonesia dalam ajang AYDA Summit 2024 dan berkesempatan mendapatkan beasiswa senilai 10.000 dolar Amerika atau Rp 149 juta di Harvard Graduate School of Design bagi peraih Gold Award.

AYDA telah bekerjasama dengan Harvard University Graduate School of Design. Nantinya pemenang utama di kompetisi AYDA Internasional akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk Design Discovery Program selama 3 minggu di Boston, Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com