Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Solo-Klaten Bisa Lewat Tol mulai 15 April 2023 Gratis

Kompas.com - 13/04/2023, 14:51 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Klaten akan dibuka secara fungsional sepanjang 6 kilometer pada saat mudik dan balik Lebaran 2023, tanpa tarif.

Tol ini merupakan salah satu paket dari Ruas Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, tepatnya di Seksi 1 Kartasura-Purwomartani 42,38 kilometer. Sementara paket 2 ruas tol ini adalah Klaten-Purwomartani sepanjang 20,08 kilometer.

Direktur Pengembangan Bisnis PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Setiawan menuturkan, Perseroan dalam hal ini PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) akan memfungsionalkan sebagian ruas yang saat ini sudah siap untuk mendukung perhelatan mudik Lebaran.

"Fungsionalisasi tol ini diharapkan bisa membantu kelancaran lalu lintas yang nanti diperkirakan menjelang dan sesudah Lebaran akan memadati ruas-ruas jalan mulai dari Solo sampai Yogyakarta," kata Agus saat sosialisasi pembukaan Tol Solo-Klaten secara fungsional, di Solo, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Diskon Tarif Tol 20 Persen Tak Akan Bikin Jasa Marga Merugi

Agus menambahkan, titik awal ruas yang difungsionalisasikan ini dimulai dari Kartasura sampai dengan Sawit, di Boyolali, sepanjang 6 kilometer.

Fungsionalisasi tol dilaksanakan saat arus mudik pada tanggal 15-24 April dan arus balik pada 25 April-1 Mei 2023 dengan jam operasional 06.00 hingga 17.00 WIB.

Secara fisik, kondisi tol fungsional sepanjang 6 kilometer ini terdiri dari rigid pavement sepanjang 3,5 kilometer dan lean concrete sepanjang 2,5 kilometer.

"Saat ini pekerjaan betonisasi sudah hampir selesai menuju 100 persen. Sementara fasilitas jalan seperti pemasangan barrier, rambu-rambu, penerangan jalan umum (PJU) akan kami lengkapi sekaligus saat ruas ini doperasikan secara penuh," urai Agus.

Kondisi Ruas Tol Solo-laten yang merupakan bagian dari proyek Tol Solo-Yogyakarta, Kamis (13/4/2023). Sepanjang 6 kilometer dari ruas ini akan dibuka secara fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2023.KOMPAS.com/Hilda B Alexander Kondisi Ruas Tol Solo-laten yang merupakan bagian dari proyek Tol Solo-Yogyakarta, Kamis (13/4/2023). Sepanjang 6 kilometer dari ruas ini akan dibuka secara fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2023.
Agus memastikan bahwa Perseroan akan berupaya agar keberadaan ruas tol fungsional ini memberikan manfaat semaksimal mungkin untuk masyarakat, sekaligus menginformasikan secara luas bahwa di wilayah Solo, Yogyakarta, dan Bawen, terdapat jalan tol yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Pada akhirnya, setelah pembangunan tol ini rampung dapat mendukung perekonomian di wilayah-wilayah yang dilintasi serta membantu memperlancar mobilitas sehari-hari.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur Suchandra Paganda Hutabarat menargetkan operasionalisasi Tol Solo-Purwomartani dari Gerbang Tol (GT) sepanjang 48 kilometer akan beroperasi secara penuh pada Desember 2023.

"Ini artinya sudah memenuhi semua standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol. Itu menjadi target kami untuk bisa segera menyelesaikan secara lengkap. Sudah tidak fungsional lagi. Tapi saat ini, progres konstruksi baru 50,50 persen dan pembebasan lahan 93 persen," urai Chandra.

Adapun fungsionalisasi Tol Solo-Klaten dilakukan untuk menghindari penumpukan arus keluar masuk tol di area Purwomartani.

Selain itu, juga untuk memudahkan arus keluar masuk Yogyakarta via Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang akan terhubung dengan tol ini.

Fungsional Seksi 1.1 untuk arus mudik Lebaran direncanakan menggunakan satu jalur dan dua lajur bagi kendaraan golongan I dengan waktu penggunaan sesuai diskresi Korlantas Polri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com