Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Bilik Pengungsi Suriah dan Turkiye Terbuat dari Kertas Karton

Kompas.com - 15/03/2023, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Dezeen


JAKARTA,KOMPAS.com - Ada yang unik ketika Anda memasuki tempat pengungsian para pengungsi Suriah dan Turkiye yang terdampak gempa beberapa waktu lalu.

Tak seperti partisi ruangan kebanyakan yang terbuat dari tripleks, di tempat pengungsian masyarakat Suriah dan Turkiye, partisi justru terbuat dari kertas karton dan kain

Partisi tersebut bukan asal pasang semata karena merupakan karya arsitek kawakan asal Jepang, Shigeru Ban.

Baca juga: Pelajari Dampak Gempa, Pemerintah Kirim Insinyur ke Turkiye

Bekerja sama dengan Voluntary Architects' Network (VAN), Shigeru Ban Architects, mulai menyediakan Paper Partition System (PPS) di tempat pengungsian masyarakat Suriah dan Turkiye.

Seperti dikutip dari Dezeen, PPS merupakan sistem partisi sederhana untuk memastikan privasi bagi warga yang tinggal di pusat pengungsian.

Tabung karton yang digunakan untuk penyimpanan PPS merupakan bentuk yang lebih panjang dari gulungan kain atau kertas.

PPS yang diberikan tersedia dalam dua diameter berbeda ukuran, di mana yang satu akan digunakan untuk tiang. Sementara satu lagi untuk balok penyangganya.

 

Kertas atau kain disampirkan di atas struktur dan diikat dengan peniti untuk membuat partisi tersebut yang menyerupai bangsal rumah sakit.

PPS telah digunakan beberapa kali di wilayah Jepang yang terkena dampak bencana alam, seperti korban bencana Gempa Bumi di Jepang Timur tahun 2011 ; gempa bumi Kumamoto tahun 2016 hingga badai yang melanda bagian selatan Pulau Kyushu di tahun 2020.

Baca juga: Jokowi Bertitah: Masyarakat Wajib Gunakan Konstruksi Tahan Gempa

PPS juga telah menjadi solusi untuk warga sipil yang melarikan diri dari perang di Ukraina, di mana PPS terpasang di 16 lokasi berbeda di Prancis, Jerman, Polandia, Slovakia, dan Ukraina.

Shigeru Ban sendiri dikenal dengan karya inovatifnya yang terbuat dari kertas karton. Banyak desainnya berupa struktur yang bersifat sementara, prefabrikasi , atau menggabungkan bahan murah dan tidak konvensional. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com