Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Formula Cat Terbaik untuk Dinding Eksterior Rumah Anda

Kompas.com - 06/03/2023, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Mengecat dinding eksterior rumah Anda adalah cara sederhana namun efektif untuk memberikan nuansa baru.

Sama seperti mengecat bagian interior, pengecatan eksterior rumah membutuhkan banyak waktu, sumber daya, dan kerja keras.

Ada tiga jenis utama formula cat akrilik, lateks, dan cat berbahan dasar minyak. Tiga formula ini memiliki keunggulannya masing-masing.

Formula cat terbaik untuk rumah Anda bergantung pada berbagai faktor, termasuk iklim setempat dan preferensi estetika.

Baca juga: Tipe Cat Rumah Minimalis Terbaik untuk Dinding Kamar Mandi

Berikut rekomendasi jenis cat yang cocok untuk diaplikasikan pada dinding eksterior rumah. 

Cat Akrilik

Cat akrilik umumnya dibuat dengan bahan berkualitas tinggi sehingga membuat tekstur catnya lebih kental.

Beberapa bahan kimia dalam cat akrilik membuatnya lebih elastis, artinya dapat mengembang dan menyusut saat suhu berfluktuasi. Elastisitas ini membuat cat akrilik ideal untuk pengecatan bagian eksterior rumah.

Karena ketahanannya, cat akrilik paling baik digunakan sebagai pelapis dinding yang terbuat dari kayu, aluminium, atau semen fiber.

 

Cat Lateks

Untuk opsi cat dinding eksterior yang lebih murah, jenis lateks sangat direkomendasikan. Dibandingkan jenis cat eksterior lainnya, cat lateks lebih mudah diaplikasikan dan dibersihkan karena berbahan dasar air.

Seperti cat akrilik, cat lateks mengembang di suhu hangat dan menyusut di suhu dingin. Setelah diaplikasikan, cat ini juga mudah mengering.

Baca juga: Cara Tepat Mengaplikasikan Cat Rumah Minimalis di Dinding Kamar Mandi

Cat berbahan dasar minyak

Salah satu keunggulan cat berbahan dasar minyak adalah menyusut lebih sedikit daripada cat lateks dan akrilik.

Hasil akhir cat berbasis minyak juga berkilau dan halus. Karena itu, sangat cocok digunakan di area jendela, pintu maupun detail kecil lainnya.

Kekurangannya, cat berbahan dasar minyak lebih cenderung retak dan pudar daripada cat lateks dan akrilik. Dan karena terbuat dari minyak dan bukan air, sulit untuk dibersihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com