Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakaaston Incar Dana Segar Rp 370 Miliar Lewat JLO Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 01/02/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hakaaston atau HKA menargetkan pendapatan Jasa Layanan Operasi (JLO) sebesar Rp 370 miliar pada tahun 2023 dari kontrak pemeliharaan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Ini terdiri dari ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh), Tol Medan-Binjai (Mebi), Tol Binjai-Langsa, Tol Tebing Tinggi-Kuala Tanjung-Indrapura, dan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Selanjutnya, Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Tol Indrapura-Kisaran, Tol Bengkulu-Taba Penanjung (Bengtaba), dan Tol Palembang-Indralaya (Palindra).

Selanjutnya, Tol Indralaya-Prabumulih, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), dan Tol Akses Tanjung Priok (ATP).

Direktur Utama HKA J Aries Dewantoro mengatakan, pendapatan juga berasal dari Jasa Layanan Rest Area (JLRA) melalui jasa pengelolaan, perawatan, dan pelayanan yang dilakukan di 9 titik rest area di ruas Terpeka dan 11 titik rest area di ruas Tol Bakter.

Baca juga: Hakaaston Bakal Tambah Layanan di Dua Ruas Baru Tol Trans-Sumatera

"HKA akan mengevaluasi kebutuhan pasar dan mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan pencapaian target tersebut," ungkap Aries dalam keterangan tertulis, Rabu (1/2/2023).

Tahun ini, HKA juga menargetkan pengelolaan rest area secara mandiri yang tersebar di berbagai ruas tol Hutama Karya.

Dari sisi pemeliharaan jalan tol, HKA juga menargetkan pekerjaan beautifikasi terhadap infrastruktur tol seperti pengecatan ulang pembatas jalan atau barrier, dan guardrail.

Selain fokus terhadap pengembangan bisnis JLO tol dan JLRA, HKA tetap menjalankan bisnis manufaktur konstruksi berupa penjualan hotmix, readymix dan precast dengan penyelesaian kontrak pekerjaan JTTS yang masih berjalan.

Mulai dari ruas Tol Bangkinang-Rimbo Panjang, Tol Betung-Jambi, Tol Binjai-Pangkalan, Tol Rengat-Pekanbaru, dan sejumlah proyek eksternal.

Mulai dari pengadaan dan pekerjaan hotmix Jalan Lintas Sumatera (Jalintim) wilayah Pekanbaru dan memastikan deliverable tepat waktu dengan kualitas yang memenuhi standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com