Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Diminati, Keramik Motif Batik Koleksi Nuswapada Dipamerkan di Sarinah

Kompas.com - 01/12/2022, 15:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dilatarbelakangi semangat pelestarian budaya tradisional, Niro Granite Indonesia memamerkan koleksi khusus keramik motif batik bertema Nuswapada.

Pameran ini digelar di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, selama tiga hari, mulai Jumat (1/12/2022) hingga Minggu (3/12/2022).

Keramik motif batik ini merupajan hasil kerja sama antara Niro Granite Indonesia dengan Iwan Tirta Private Collection.

Kerja sama ini merupakan kali kedua yang terjalin, setelah sukses pada 2016 dengan Swatantra Collection yang mendapat antusias pasar.

Nuswapada memiliki arti jajaran pulau-pulau, dirancang dengan dimensi 60x60 sentimeter dalam tipe permukaan matt yang modern.

Baca juga: Keramik di Rumah Tiba-Tiba Pecah, Ini Penyebab dan Solusinya

Koleksi ini juga masih mengusung motif batik khas sang maestro, Iwan Tirta, namun dengan balutan garis yang ekspresif dan dinamis.

Chief Executive Officer Niro Granite Indonesia mengatakan, Nuswapada Collection hadir di tengah masyarakat sebagai pilihan porcelain tiles yang tidak hanya cantik dan cocok diaplikasikan pada banyak fungsi ruang, namun juga sebagai komitmen nyata perusahaan untuk turut andil dalam melestarikan budaya Indonesia.

"Terlebih lagi, koleksi ini diproduksi di dalam negeri, yaitu pabrik kami di Gunung Putri, Bogor,” ucap Choong Ee Ren.

Koleksi ini menghadirkan empat series yaitu Ceplok Kembang Waru, Ceplok Bali, Ceplok Kawung Mlinjon, dan Manggaran, dengan total 10 pilihan warna.

Keseluruhan seri tersebut kental dengan berbagai filosofi, seperti keseimbangan kehidupan, kemakmuran, serta keberuntungan yang akan terus tumbuh.

Warna-warna koleksi Nuswapada juga beragam, sehingga diharapkan pengaplikasiannya juga bisa lebih luas, mulai dari hunian yang nyaman hingga area komersial yang berkarakter.

“Kami melihat bahwa pasar porcelain tiles semakin berkembang, dan masyarakat juga sudah sangat lihai dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan. Hal ini yang terus mendorong kami untuk berinovasi, salah satunya adalah melahirkan produk Nuswapada Collection," tutur Choong Ee Ren.

General Marketing Manager Niro Granite Indonesia Desi Natalia mengungkapkan, untuk mendapatkan koleksi terbaru ini, masyarakat bisa berkunjung ke pameran di Sarinah.

"Di pameran ini, masyarakat juga bisa melihat langsung koleksi Nuswapada dengan balutan dekor yang menarik. Selain itu tersedia berbagai kemudahan untuk melihat detail produk, seperti fasilitas scan QR Code yang tertera pada setiap display, dan dapat langsung dicoba melalui fitur Let’s Visualize," imbuh Desi.

Adapun harga yang dibanderol untuk produk terbaru ini berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 288.000 per boks.

Menurut Desi, minat masyarakat untuk menghadirkan keramik motif batik di rumah-rumah terus meningkat. Selain karena didorong oleh semangat melestarikan budaya bangsa juga karena batik sangat adaptif diaplikasikan pada desain apa pun.

"Bisa digabungkan dengan desain rumah minimalis modern, vintage, klasik, di lantai, dinding, kamar mandi, bahkan kolam renang dan ruang-ruang komersial," kata Desi.

Hingga November 2022, Niro Granite memproduksi 5 juta meter persegi dengan 30 persen di antaranya ditujukan untuk pasar ekspor. Adapun nilai penjualan tahun ini lebih tinggi 10-15 persen ketimbang tahun 2021.

"Smenetara untuk 2023, kami menargetkan pertumbuhan penjualan dua digit sekitar 20-25 persen," cetus Desi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com