Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Luncurkan Siprabu dan Sipadu, Dukung Pembiayaan Infrastruktur

Kompas.com - 01/12/2022, 10:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) meluncurkan dua sistem pembiayaan infrastruktur baru.

Adalah Sistem Informasi Proyek KPBU atas Prakarsa Badan Usaha (Siprabu) dan Sistem Informasi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU (Sipadu).

Peluncuran dua sistem pembiayaan infrastruktur ini dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Hari Puncak Creative Infrastructure Financing Day (CreatIFF) 2022 pada Kamis (1/12/2022).

Siprabu adalah inovasi untuk memudahkan setiap badan usaha dalam melakukan pengusulan proyek KPBU secara transparan dan kredibel. Layanan ini bisa diakses melalui tautan siprabu.pu.go.id.

Sedangkan Sipadu adalah inovasi dalam meningkatkan transparansi dan efisiensi proses pengadaan badan usaha pelaksanaan KPBU bidang PUPR serta meningkatkan kualitas pengadaan.

Baca juga: Agar Kasus Suparwi Tak Berulang, Wajib Diketahui Proses Ganti Rugi Tanah untuk Infrastruktur

Adapun Sipadu dikembangkan dengan mengacu kepada Peraturan Kepala LKPP Nomor 19 Tahun 2015 dan Peraturan LKPP Nomor 29 Tahun 2018.

Layanan Sipadu dalam pelaksanaan KPBU merupakan tahap transaksi KPBU, khususnya pada tahap prakualifikasi dan tahap pemilihan badan usaha. Sipadu dapat diakses melalui tautan pembiayaan.pu.go.id/sipadu.

Di sisi lain, Menteri Basuki mengatakan CreatIFF 2022 merupakan acara penting untuk belajar terkait pembiayaan pembangunan infrastruktur.

"Saya berharap kita selalu diskusi, skema-skema yang terus berkembang terus digali terutama dari Ditjen DJPI untuk mendorong pengisian celah-celah kekurangan pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur terutama percepatannya," ucap Basuki dalam sambutannya.

Sementara itu, rangkaian acara CreatIFF 2022 telah dilaksanakan sejak bulan Oktober 2022 mulai dari konferensi pers, webinar, penandatanganan Coorperation Framework Agreement dengan CRCC International Invesment, pemberian penghargaan dan penyerahan simbolis kepada penerima KPR BP2BT hingga investor dialog.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+