Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia HP Menteri Basuki yang Berdering Saat Dampingi Jokowi

Kompas.com - 26/10/2022, 21:08 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Handphone (HP) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tengah menjadi sorotan dan menimbulkan respon kocak para netizen.

Pasalnya, HP Pak Bas, sapaan akrab Menteri PUPR, mendadak berbunyi di tengah sesi wawancara Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (25/10/2022).

Kejadian itu terekam dan viral di media sosial, khusunya Twitter. Sebagaimana unggahan akun Twitter @triwul82 pada Rabu (26/10/2022).

Video berdurasi 23 detik itu merekam momen ketika nada dering ponsel Pak Bas memecah suasana serius saat Jokowi sedang diwawancarai para wartawan.

Uniknya, nada dering itu sangat familier, tapi sudah asing bagi telinga masyarakat masa kini.

Ketika Anda mendengar nada deringnya, pasti sudah mengenali merk HP yang digunakan Pak Bas. Karena merk itu pernah menjadi ponsel "sejuta umat" era 2000-an.

Yup, merk HP milik Menteri PUPR itu ialah Nokia. Bukan smartphone layar sentuh yang memiliki beragam aplikasi canggih.

Baca juga: Lucunya Bunyi Nada Dering HP Jadul Milik Basuki Saat Jokowi Diwawancarai di IKN

Soal menggunakan ponsel Nokia jadul, Pak Bas pernah mengonfirmasinya. Tepatnya saat menghadiri Podcast Sekretariat Kabinet RI pada 18 Maret 2022 lalu.

Kala itu dia ditanya soal kabar bahwa hingga kini masih menggunakan HP jadul dan tidak memiliki smartphone.

"Saya tahu power-nya digital equipment itu, tapi saya enggak terlalu hobi main itu. Jadi handphone saya masih Nokia," jelas Basuki sambil menunjukkan ponselnya, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Kabinet RI.

Namun dia tidak menyebutkan secara jelas seri ponsel Nokia yang digunakannya. Hanya mengaku tidak memiliki smartphone.

"Nokia aja (tidak punya smartphone), kalau yang WA ya (punya) ajudan, kalau saya hanya pegang ini," tandasnya.

Baca juga: Ketika Sri Mulyani Anggap Basuki Hadimuljono sebagai Santa Claus

Menurut dia, ponsel tersebut hanya dimiliki oleh dua orang di dunia. Salah satunya milik Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

"Tapi ini (Nokia) di seluruh dunia hanya dua orang yang pakai, saya dengan Perdana Menteri Belanda. Dua kali saya jemput beliau di Bandara Halim, yang pertama kali saya tanya, 'Mana handphone-mu?'," terangnya.

"Dengan ini kan kita fokus telepon dan SMS, Bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) selalu protes, tapi Bu Menteri Keuangan kalau saya SMS balasnya dengan SMS," pungkas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com