Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Lakukan Perjalanan Balik Lebih Awal

Kompas.com - 02/05/2022, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat melakukan perjalanan balik dari kampung halaman lebih awal dari yang seharusnya.

Para pemudik diminta agar tidak menempuh perjalanan balik pada Sabtu (7/4/2022) atau Minggu (8/4/2022) agar tak terjadi kemacetan.

Menurut Presiden, setidaknya 85,5 juta masyarakat, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

“Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," ujar Presiden Jokowi dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (2/5/2022).

Baca juga: Bahu Jalan dan Rest Area Jadi Fokus Evaluasi Mudik via Tol Trans-Jawa

Ia mengatakan bila pemudik memutuskan baru akan kembali ke daerah asalnya pada akhir pekan ini pasti akan terjadi kemacetan panjang.

"Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu. Pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," tegasnya.

Kepala Negara juga melihat bahwa arus mudik Lebaran di tahun 2022 telah berjalan dengan baik dan lancar meski ada beberapa kendala kecil di lapangan.

Misalnya antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Menurutnya hal tersebut dikarenakan volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga.

“Memang volume kendarannya terlalu banyak, tidak sesuai dengan kapasitas dermaga dan dengan kapasitas kapal yang ada. Memang kapalnya sudah disiapkan, ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Tambah lagi dermaganya dua lagi, baru bisa mengurangi,” Tambah Presiden.

Baca juga: Antisipasi Arus Balik, Kementerian PUPR Perlebar Ruas Tol Japek

Seperti diketahui, Presiden Jokowi merayakan Idul Fitri di Yogyakarta dan menunaikan Shalat Idul Fitri di Istana Gedung Agung, Yogyakarta.

Meskipun demikian, Presiden memilih untuk tidak melakukan open house dan lebih memilih menghabiskan waktu bersama keluarganya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com