Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2022, 12:17 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan contraflow (lawan arus) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Km 47+000 sampai dengan Km 70+000 arah Cikampek atas diskresi Kepolisian.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Muhammad Taufik Akbar mengatakan hal ini dalam rilis, Jumat (29/4/2022).

"Pemberlakukan contraflow dimulai pada pukul 10.00 WIB," terang Taufik.

Taufik mengatakan, Jasa Marga mengimbau seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan.

Kemudian, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Baca juga: Penyebab One Way dan Gage di Tol Japek Sempat Diperpanjang 8,5 Jam

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," katanya.

Sebelumnya, kebijakan one way(satu arah) juga diberlakukan di Tol Japek, mulai dari Km 47 hingga Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang, Kamis (28/4/2022) pukul 17.28 WIB dan berakhir Jumat (29/4/2022) pukul 08.30 WIB.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso menambahkan, perpanjangan waktu pemberlakuan one way hari pertama merupakan diskresi kepolisian.

"Dengan mempertimbangkan tingginya volume lalin dari Jabotabek yang menuju timur via Jalan Tol-Trans Jawa," terang Heru dalam rilisnya, Jumat (29/4/2022).

Hari ini atau Jumat (29/4/2022) sebagai hari pertama cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah masih diprediksi menjadi puncak arus mudik di empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama.

Keempatnya adalah GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Pasca ditutupnya one way, saat ini tengah dilakukan normalisasi jalur yang digunakan sebelum akhirnya dapat digunakan untuk menuju arah Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com